fbpx

94 CALON PEMEGANG SENJATA API JALANI TES PSIKOLOGI

Tes Psikologi diikuti 94 personel Polres Blora calon pemegang senjata api, Selasa (14/08).

Blora – Sebanyak 94 personel Polres Blora, yang merupakan calon pemegang senjata api, menjalani tes psikologi. Selain untuk mengetahui karakter calon pengguna senjata api, tes ini juga dapat menekan angka penyalahgunaan senjata api.

 

Tes Psikologi diikuti 94 personel Polres Blora calon pemegang senjata api, Selasa (14/08).

 

“Kami lakukan ini untuk menghindari penyalahgunaan dalam pinjam pakai senjata api milik kedinasan terutama personil yang bertugas dibagian operasional,” jelas Kabag Sumda Polres Blora, Kompol Rubiyanto, Selasa (14/08).

Menurut Kompol Rubiyanto, prosedur dalam penggunaan senjata api telah diatur dalam Perkap Polri Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain itu, penggunaan senjata api juga telah diatur dalam Perkap Polri No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

“Sebanyak 94 personel yang ambil bagian dalam psikotes ini, bukan hanya yang berdinas di Polres, melainkan juga anggota yang bertugas dari Polsek jajaran, juga ikut menjalani psikotes,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Tim Tes Psikologi dari Biro SDM Polda Jateng, AKP Ahmad Dartono mengatakan hanya personel yang lulus tes yang akan mendapatkan rekomendasi pinjam pakai senjata api.

“Karena Senpi apabila disalahgunakan bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” jelas AKP Ahmad Dartono.

Reporter : Imanan