BARONGAN JATAL KUNDURAN DIJUAL HINGGA KE LUAR JAWA

Blora – Tak hanya laku keras di daerah sendiri, Barongan karya seorang pengrajin dari Dukuh Jatal Desa Ngilen Kecamatan Kunduran ini diminati para konsumen dari luar jawa. Inovasi pemasaran yang dilakukan terbukti mampu mengenalkan produk kesenian Blora ke luar daerah.

 

Ragam topeng Barongan karya seorang pengrajin dari Dukuh Jatal Desa Ngilen Kecamatan Kunduran

 

‘’Untuk pemesanan langsung, sebagian besar pesanan memang dari Jawa. Namun untuk penjualan secara online, kami telah merambah luar jawa. Baru-baru ini, kami dapat pesanan dari Kecamatan Sintang, Kalimantan,” ungkap Karis (29) pengrajin Barongan dari Dukuh Jatal, Kamis (12/07).

Harga yang dipatok Karis untuk tiap produknya bisa dibilang sangat terjangkau, mulai dari Rp 150.00 ukuran kecil yang dipakai anak-anak, kisaran Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta untuk ukuran pentas.

Tak hanya Barongan, Karis juga membuat sejumlah topeng pelengkap. Terdiri dari topeng Kelono, Gendruwon dan Sarinten. Sedangkan, produk terbaru yang dibuat Karis adalah aksesoris tampil, seperti cemeti (cambuk) dan baju Barongan.

“Kualitas barang dan kepuasan pengguna adalah teknik promosi saya. Bahan yang berkualitas serta proses pembuatan yang detail membuat hasil yang sempurna produk usaha saya dalam memenangkan persaingan di pasar,” pungkas Karis.

Reporter : Muharor

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.