fbpx

DESA KEMIRI JEPON JADI PILOT PROJECT PENGEMBANGAN BUMDes DI BLORA

Peresmian gedung BUMDes Mandiri Makmur Desa Kemiri Kecamatan Jepon, Minggu (29/07).

Jepon – Desa Kemiri Kecamatan Jepon akan dijadikan pilot project (proyek percontohan) pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Blora. BUMDes Mandiri Makmur di desa tersebut, dinilai pantas menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blora, Gunadi, dalam peresmian gedung BUMDes Mandiri Makmur, Minggu (29/07) malam.

“Desa Kemiri kami jadikan percontohan dan pilot project pengembangan BUMDES. Kedepan akan dilakukan pendampingan agar usahanya terus berkembang dan menjadi contoh untuk desa-desa lainnya,” ujar Gunadi.

Peresmian gedung BUMDes Mandiri Makmur Desa Kemiri Kecamatan Jepon, Minggu (29/07).

 

Gunadi juga mengapresiasi BUMDes Mandiri Makmur yang telah memiliki gedung. Menurutnya, BUMDes milik Desa kemiri ini merupakan satu-satunya BUMDes di Blora yang memiliki gedung.

“BUMDES Mandiri Makmur Desa Kemiri ini merupakan satu-satunya BUMDES di Kecamatan Jepon yang sudah memiliki gedung, bahkan se Kabupaten Blora,” lanjut Gunadi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Kemiri, Sutrisno mengaku pembangunan gedung BUMDes Mandiri Makmur ini memakan waktu yang cukup lama.

“Pembangunan gedung BUMDES ini dilaksanakan selama dua tahun dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD),” terangnya.

Kades berharap, dengan adanya gedung BUMDes ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di desanya, terutama sektor pertanian.

 

Reporter : Ika Mahmudah