HASIL PANEN CABAI MERAH MEMUASKAN, INI RAHASIANYA

Ngawen – Musim panen cabai merah di Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen menuai hasil yang memuaskan. Kondisi ini ditentukan dari banyak faktor, salah satunya adalah dengan memilih waktu tanam yang tepat.

Petani cabai merah, Sugiyanto (58) memaparkan ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Diantaranya, memilih waktu tanam yang tepat, memilih bibit cabai merah yang berkualitas dan perawatan tanaman secara teratur.

 

Petani di Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen sedang panen cabai merah, Rabu (11/07).

 

“Petani cabai merah, harus dapat memperkirakan pergerakan harga. Hal ini untuk memastikan ketika panen sedang berlangsung, harga cabai sedang baik. Jadi petani tidak rugi,” sarannya, Rabu (11/07).

Selanjutnya, petani disarankan memilih bibit cabai merah terbaik. Ada dua jenis bibit yang direkomendasikan Sugiyanto kepada pembaca Bloranews.com

“Saya merekomendasikan bibit Lado F1 dan KIU 99. Dengan harga per satu pesnya Rp 125.000 dan jumlah bibitnya 1.750 biji di dalamnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Sugiyanto memaparkan cabai merah membutuhkan waktu selama tiga bulan lebih lima belas hari, mulai dari penanaman hingga panen. Dalam satu hektar, hanya boleh ditanami kurang lebih 1.500 tanaman atau sekitar 7 pes. Jarak antar tanaman 30 cm.

Sugiyanto juga menggunakan tiang penyangga (lanjaran) setinggi 80 – 100 cm untuk memastikan tiap batang tanaman berdiri dengan tegak.  Untuk mengerjakan semua ini, Sugiyanto dibantu satu orang pekerja.

Reporter : Muharor / Ika

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.