INI CARA MENGGUNAKAN E-WALLET, BANTUAN BULANAN KEMENSOS RI KEPADA KPM




Blora – Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang rencananya akan dimulai pada Januari 2019, dipercepat menjadi Oktober depan. BPNT merupakan pengganti bantuan beras, dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Blora, Sri Handoko menjelaskan mekanisme penyaluran BPNT kepada para KPM. Dalam program BPNT, setiap KPM akan mendapatkan akun elektronik yang bernama e-Wallet (dompet elektronik).

 

Ilustrasi : Dalam program BPNT, setiap KPM akan mendapatkan akun elektronik yang bernama e-Wallet.

 

E-Wallet tersebut, tiap bulan akan ditransfer uang senilai Rp. 110 ribu. Transaksi dengan e-Wallet hanya dapat dilakukan di e-Warung yang bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Di e-Warung, KPM dapat membeli bahan pangan seperti beras dan telur.

”Prosesnya, setelah dana ditransfer ke kartu masing-masing KPM, KPM selanjutnya bisa datang ke e-Warung untuk mendapatkan beras dan atau telur,” jelas Sri Handoko seperti dikutip Suara Merdeka, Selasa (28/08).

Lebih lanjut, Sri Handoko menjelaskan di Blora dibutuhkan sebanyak 322 e-Warung untuk melayani 76.019 KPM. Tiap e-Warung akan melayani sebanyak 250 KPM.

Sri Handoko menambahkan, dalam waktu dekat ini Dinsos PPPA akan turun ke kecamatan dan desa untuk menyosialisasikan akan dimulainya program BPNT.

Reporter : Ika Mahmudah

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.