fbpx

KABAR KAMPUS : MENEGASKAN CITRA DIRI DENGAN KEMAMPUAN LITERASI




Blora- Orska (Orientasi Studi Kampus) STAI Khozinatul Ulum Blora memasuki hari ketiga. Pagi tadi para peserta Orska mengikuti diskusi dengan tema Penggairahan Organisasi. Pemantik diskusi dalam agenda tersebut adalah Yusuf Ahsin Saqo S.Hum, sekretaris program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Khozinatul Ulum Blora.

yusuf ahsin saqo

Yusuf Ahsin Saqo S.Hum menekankan pentingnya budaya literasi dalam dunia akademik

Diskusi yang diikuti 47 peserta Orska ini mengurai dampak berorganisasi bagi mahasiswa. Dalam diskusi berdurasi sembilan puluh menit tersebut ditarik sebuah konklusi tentang pentingnya rekam jejak organisasi.

“Dalam setiap organisasi paling tidak seorang manusia ditempa dalam empat kemampuan dasar. Pertama kemampuan memimpin tim, kedua kemampuan berkomunikasi dan berdiplomasi, ketiga kemampuan mengkombinasikan berbagai gagasan yang berkembang dalam tim dan yang terakhir kemampuan berjejaring” tutur Yusuf Ahsin.




Alumni Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga ini juga menambahkan tanpa empat kemampuan dasar yang diperoleh dengan berorganisasi ini, para mahasiswa tidak akan dapat mengambil peran apapun, dalam masyarakat maupun dunia kerja.

Yusuf Ahsin juga menambahkan pentingnya kemampuan literasi bagi para mahasiswa. “Literasi akan membedakan mahasiswa dengan manusia-manusia yang lain. Wajah keilmuan mahasiswa tampak dalam kemampuan literasinya” tegasnya.

“Dalam karya ilmiah yang akan kalian buat, kalian harus memahami pokok-pokok pikiran yang akan kalian sampaikan. Kalian harus mengembangkan pikiran dari buku-buku referensi yang ada, bukan hanya memindahkan tulisan. Seni memahami pokok pikiran inilah yang menunjukkan kemampuan literasi” tuturnya.

Orska akan berakhir besok (09.09.2016) dengan pemateri penutup Yunus Bachtiar Rifai M.Si, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan STAI Khozinatul Ulum Blora [.]

Reporter          : Sahal Makmur

Foto                 : M. Eko Hadi

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.