fbpx

MASJID DI PLUMBON NGAWEN SEDIAKAN AIR BERSIH UNTUK KEBUTUHAN WARGA

Pembangunan menara (tower) penampungan air di kompleks Masjid Baitunnur Dukuh Baengan Desa Plumbon Kecamatan Ngawen.

Ngawen – Masjid yang secara umum berfungsi sebagai tempat ibadah ternyata dapat bertransformasi menjadi sebuah lembaga yang bisa menjawab sejumlah persoalan yang mendera masyarakat. Salah satunya adalah tentang penyediaan kebutuhan air rumah tangga.

Kenyataan ini terlihat jelas di Dusun Baengan Desa Plumbon Kecamatan Ngawen. Di desa ini, didirikan sebuah menara (tower) penampungan air yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

Pembangunan menara (tower) penampungan air di kompleks Masjid Baitunnur Dukuh Baengan Desa Plumbon Kecamatan Ngawen.

 

 

Uniknya, tower ini didirikan di kompleks Masjid Baitunnur Baengan, biaya pembangunan tower sepenuhnya menggunakan infak dari jamaah masjid. Saat ini, pembangunan tower ini telah mencapai 40 persen.

‘’Tower penampungan air ini dibangun bukan dari iuran warga maupun bantuan dari pemerintah, namun dari kas masjid yang berkumpul,” jelas Kepala Dusun (Kadus) Baengan yang juga tim pembangunan tower air, Nurkholis, Sabtu (14/10).

Menurut Nurkholis, diperkirakan tower ini akan selesai dan mulai beroperasi pada Agustus mendatang. Total biaya yang dihabiskan mencapai Rp 25 juta. Selanjutnya, air dari tower ini akan disalurkan ke rumah-rumah warga.

“Karena pembangunannya menggunakan kas masjid, maka pembayarannya menggunakan sistem infak. Maksudnya, besaran iurannya tidak ditentukan. Seluruh hasil infak akan dikembalikkan ke masjid,” pungkas Nurkholis.

Reporter : Muharror