MERUBAH PELAYANAN RSUD Dr. R. SOETIJONO BLORA

DR. Jamil Mukhlisin

RSUD Dr. R. Soetijono Blora sebagai Rumah Sakit rujukan pelayanan kesehatan di Kabupaten Blora melakukan berbagai upaya untuk memenuhi harapan tersebut. Pelayanan prima pada dasarnya ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Ada lima dimensi Pelayanan yang harus diberikan oleh rumah sakit dalam memberikan service excellent atau pelayanan prima yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy.

Penampilan (tangibles) dari rumah sakit merupakan poin pertama yang dilihat ketika pasien pertama kali berkunjung. Kemudian  kesesuaian janji (reliability) dengan pelayanan yang diberikan, pelayanan yang tepat (responsiveness), dan jaminan pelayanan (assurance) merupakan masalah yang sangat peka dan sering menimbulkan konflik. Dalam proses pelayanan ini faktor perhatian (empathy) terhadap pasien tidak dapat dikesampingkan oleh pihak rumah sakit.

Selain itu untuk mewujudkan pelayanan prima (service excellent) ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah penyederhanaan dalam pelayanan dengan memberikan pelayanan sesegera mungkin sehingga kesakitan yang dialami oleh pasien akan segera teratasi. Aspek kedua adalah kejelasan dan kepastian alur pelayanan yang meliputi birokrasi, kegiatan pelayanan, penyelesaian biaya atau tarip, dan pemberian informasi yang jelas.

Yang ketiga adalah keamanan dan kenyamanan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit yang meliputi sarana dan prasarana yang memenuhi standar, ketersediaan Sumber Daya Manusia yang cukup serta performa petugas dalam memberikan pelayanan. Penampilan petugas baik tenaga medis, paramedis, maupun tenaga lainnya harus membudayakan soft skill dan komunikasi efektif.

Aspek keempat adalah bagaimana RSUD Dr. R. Soetijono Blora memberikan keterbukaan informasi selengkap-lengkapnya kepada pasien. Aspek yang terakhir adalah masalah kualitas dan kuantitas. Apakah pelayanan yang diberikan sudah berkualitas atau belum ? Penilaian kuantitatif memiliki andil dalam menentukan apakah RSUD Dr. R. Soetijono Blora telah melaksanakan pelayanan yang berkualitas.

Bahwa tantangan untuk memperbaiki pelayanan memang dibutuhkan komitmen bersama dari semua komponen yang ada. Filosofi yang harus selalu dipegang untuk meningkatkan pelayanan adalah :

  1. Pelanggan (pasien) adalah tamu kita yang terpenting di tempat kerja, dia tidak tergantung kepada kita, tapi kitalah yang tergantung kepada mereka.
  2. Kita tidak memberikan pertolongan dengan melayaninya, Dialah yang memberikan pertolongan dengan memberi kesempatan bekerja pada kita yaitu dengan melayani kepentingannya.
  3. Keluhan pasien adalah suatu pemberian hadiah yang harus diterima dengan tulus (Complaint Is A Give).
  4. Lakukanlah apa yang dapat anda lakukan dengan apa yang anda miliki ditempat anda berada.

Dalam waktu dekat ini kami ingin RSUD Dr. R. Soetijono Blora benar-benar bebas dari asap rokok dan perlunya dibentuk Satgas Anti Rokok Rumah Sakit. Penegakkan Soft Skill bagi petugas juga menjadi prioritas bidang pelayanan sehingga perlu dibentuk Satgas Penegakkan Soft Skill Rumah Sakit.

Kami optimis semua itu akan bisa terwujud. Karena dengan memberikan pelayanan yang prima maka harapannya masyarakat Blora merasa memiliki RSUD Dr. R. Soetijono dan memanfaatkan fasilitas pelayanan yang ada.

Oleh : Dr. M. Jamil Muhlisin, MM (Kepala Bidang Pelayanan RSUD Dr. R. Soetijono Blora) di edit Oleh : Redaksi

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.