fbpx

ORGANISASI, KULIAH, ATAU KERJA?

Aista Bella (18), Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Aista Bella tinggal di Desa Bangoan Kecamatan Jiken.

Dalam berorganisasi, kita juga mendapat banyak pengalaman baru, teman baru,keterampilan baru,menyalurkan keahliannya menjadikan keahliannya lebih matang, dan pokoknya banyak.

Organisasi juga dapat dijadikan refreshing saat kita stress karena mendapat tugas yang ekstra banyak dari dosen, kita bisa melampiaskannya dengan mengikuti kegiatan organisasi. Nah, sekarang gimana kalau kuliah sambil kerja? Gimana kalau kuliah, organisasi, kerja?

Kuliah memang membutuhkan biaya banyak, apalagi mahasiswa yang rumahnya jauh dari kampus mereka terpaksa harus nge-kost. Biaya hidup untuk mencari makan tentunya memerlukan uang jajan tambahan, itu belum ditambah dengan biaya perkuliahan tiap semester.

Beberapa faktor tersebut, membuat beberapa mahasiswa bekerja, agar bisa menambah uang jajannya dan meringankan beban orangtua. Maka dari itu kita harus pandai me-manage waktu. Hendaknya kita membuat skala prioritas.

Mendahulukan kepentingan yang dianggap penting. Jadi mana yang lebih penting? Kita kuliah, untuk mendapatkan IPK yang tinggi. Bekerja, untuk membiayai kuliah dan beroganisasi, untuk menambah wawasan kita dan melatih kepercayaan diri kita.

Menurut saya semua penting. Tapi sebagai mahasiswa tujuan yang pertama kita pasti untuk kuliah, bisa mendapatkan cumlaude. Menurut saya skala prioritas yang pertama adalah : 1. kuliah 2. bekerja 3. organisasi.

Kenapa kok demikian? Tidak masalah kuliah sambil kerja, tapi kita harus pandai memilih pekerjaan yang tidak memakan waktu atau tidak resmi. Kita cukup bisa bekerja di toko-toko, di fotocopy-an atau membuka tempat les, dan kita juga bisa berdagang.

Untuk organisasi, kita bisa berorganisasi karena kita kuliah. Jadi, harus diprioritaskan kuliahnya dulu. Agar tidak keteteran. Agar tujuan pertama kita bisa terpenuhi.

Penulis : Aista Bella (18), Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Aista Bella tinggal di Desa Bangoan Kecamatan Jiken.