PELAJAR MUHAMMADIYAH BLORA CIPTAKAN KUE KERING DARI KULIT KACANG HIJAU




Blora – Pelajar SMK MUhammadiyah 1 Blora berhasil menciptakan produk kuliner dengan menggunakan bahan baku berupa kulit kacang hijau. Kulit kacang hijau yang selama ini dijadikan pakan ternak tersebut, diolah menjadi kue kering nan lezat, serta bernutrisi tinggi.

Tak hanya itu, dua produk ini juga akan dilombakan dalam kompetisi Business Plan Olympicad VI tingkat Jateng di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

 

Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora menunjukkan kue kering dari kulit kacang hijau, Choco Sivira.

 

Guru pembimbing tim Jasa Boga, Didik Ali Yahya menjelaskan, produk olahan dari kulit kacang hijau ini bernama Choco Sivira, Skin of Vigna Radiata. Menurutnya, cemilan berupa kue kering ini memiliki rasa yang lezat dan bernutrisi tinggi.

“Kulit kacang hijau mengandung zat fosfor dan kalsium yang terbukti bisa mencegah stunting atau gangguan keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak,” terang Didik Ali Yahya, Senin (13/08).

Menurut Didik, produk inovasi pangan kreatif ini merupakan hasil penelitian dari tim KIR SMK Musaba bekerja sama dengan jurusan jasa boga. Tim ini terdiri dari Fajar Hidayatur R dari kelas XI Jasa Boga 2 dan Umi Khalsum dari XII Jasa Boga.

“Untuk membuat cookies ini, dibutuhkan waktu hingga tiga pekan. Mulai dari merumuskan idenya hingga menjadikan bahan baku menjadi cookies,” lanjutnya.

Tak hanya kali ini saja sekolah tersebut berinovasi dengan menciptakan produk kuliner dengan bahan baku yang tak biasa. Tahun lalu, jurusan Jasa Boga SMK Muhammadiyah 1 Blora berhasil menciptakan nuget dari ulat daun pisang.

 

Reporter :  Imanan

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.