fbpx

PEMBACAAN MANAKIB WARNAI PROSESI PELETAKAN BATU PERTAMA MASJID BHAYANGKARA RESIDENCE

Rois Syuriah NU Kabupaten Blora, KH Ma’sum Fathoni memimpin doa mengiringi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Ghomamah, Bhayangkara Residence, Sabtu (25/08).

Jepon – Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Ghommamah di kawasan Bhayangkara Residence, Desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon diwarnai dengan pembacaan Manakib Syeh Abdul Qodir Al Jailani.

Diharapkan, masjid akan dibangun itu akan menjadi masjid yang makmur. Serta menjadi tempat beribadah bagi warga Desa Tempellemahbang serta musafir yang menempuh perjalanan di sekitar kawasan tersebut.

 

Rois Syuriah NU Kabupaten Blora, KH Ma’sum Fathoni memimpin doa mengiringi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Ghomamah, Bhayangkara Residence, Sabtu (25/08).

 

Kapolres Blora AKBP Saptono meletakkan batu pertama sebnagai tanda dimulainya pembangunan masjid tersebut. Sebelum itu, dilaksanakan pembacaan Manakib Syeh Abdul Qodir Al Jailani yang dipimpin sesepuh jamaah Ahbabul Mustofa Blora, KH Muhtadi Noor.

 “Manakib, dalam tradisi nahdliyin merupakan salah satu ikhtiar untuk menolak bala’ (bencana), memenuhi nadzar, bentuk ungkapan syukur dan bisa juga sebagai media ruwat,” jelas Ketua Rijalul Ansor Blora, Kyai Syifaun Niam, yang hadir dalam kegiatan tersebut, Sabtu (25/08).

Usai pembacaan manakib, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Blora. Satu hal yang tak boleh terlewatkan dalam pembacaan manakib adalah adanya ayam panggang utuh yang kemudian disantap oleh para pembaca manakib.

Potongan tumpeng pertama, diserahkan oleh Kapolres Blora kepada ketua pembangunan masjid Al Ghommamah, yang juga Rois Syuriah NU Kecamatan Jepon, KH. Zainuddin. Doa peletakan batu pertama, dipimpin Rois Syuriah NU Kabupaten Blora, KH Muhammad Ma’sum Fathoni.

Selain itu, dilaksanakan pula bakti sosial penyerahan santuan kepada anak yatim piatu di desa setempat. Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Ketua Baznas Kabupaten Blora KH Ali Muchdlor, dan Dandim Blora Letkol Inf Ryzadly Syahrazzy Themba.

Reporter : Khoirunniam