PETANI CABE DI KARANGTENGAH MASUKI MUSIM PANEN




Ngawen – Setelah menunggu lebih dari tiga bulan, petani cabai merah di Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen akhirnya memasuki masa panen. Beruntungnya, harga komoditas cabai merah di musim panen kali ini cukup tinggi sehingga penantian petani ini tak sia-sia.

 

Panen cabai merah di Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen, Rabu (11/07).

 

Sugiyanto (58), petani cabai merah mengungkapkan, harga cabai merah di musim panen tahun ini meningkat lebih dari 100 persen. Selain ditentukan dari kualitas cabai merah, harga ini juga dipengaruhi dari waktu panen yang tepat.

‘’Harga cabai merah di musim panen tahun lalu adalah Rp 10.000 per kilogram. Sedangkan dimusim panen tahun ini, harganya mencapai  Rp 24.000 per kilogram. Karena harga sangat memuaskan, untuk musim panen selanjutnya kita akan lebih jeli melihat musim,” ungkapnya, Rabu (11/07).

Menurut Sugiyanto, satu hektar lahan di Desa Karangtengah rata-rata dapat menghasilkan  75 kilogram cabai merah.  Meski demikian, jumlah ini belumlah perolehan maksimal.

“Karena panen pertama merupakan belikan (sortiran cabe yang siap jual), puncak panennya adalah kedua dan ketiga,” pungkasnya.

Reporter : Muharor / Ika

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.