POSYANDU MARGO MAKMUR 1 MASUK NOMINASI NASIONAL, INI RAHASIANYA

Jiken – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Margo Makmur 1 Desa Jiworejo Kecamatan Jiken masuk menjadi nominasi Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018. Ternyata, pencapaian ini merupakan buah dari banyaknya kegiatan yang dilaksanakan Posyandu ini.

Ketua Posyandu Margo Makmur I Desa Jiworejo Siti Muna’imah memaparkan sejumlah program yang dilaksanakan Posyandu tersebut.

“Diantaranya, Pendampingan ibu hamil hingga melahirkan, pemeriksaan kesehatan balita, pendidikan anak usia dini, pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga, hingga lansia,” paparnya di sela verifikasi lapangan Posyandu Margo Makmur 1 Desa Jiworejo Kecamatan Jiken, Jumat (20/04).

 

Verifikasi lapangan Posyandu Margo Makmur 1 Desa Jiworejo Kecamatan Jiken, Jumat (20/04).

 

Selain itu, Posyandu Margo Makmur 1 menyelenggarakan Program Selintas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dindukcapil Kabupaten Blora.

“Program Selintas adalah Sehari Persalinan Tuntas. Yang dimaksud tuntas adalah, dalam sehari seorang ibu yang melahirkan bisa langsung mendapat akta kelahiran secara gratis untuk buah hatinya, diikuti perubahan KTP dan KK,” lanjutnya.

Menurut Muna’imah, dengan adanya program Selintas tersebut, berdasarkan data yang ada saat ini seluruh anak di Desa Jiworejo sudah memiliki akta kelahiran. Posyandu di Desa Jiworejo ini juga berhasil menekan angka kematian ibu dan bayi hingga nol persen.

Selain itu, Posyandu Margo Makmur 1 juga menyelenggarakan imunisasi, penimbangan berat badan balita, senam bersama lansia, penyuluhan kesehatan dan pencegahan stanting (bayi kerdil), penyuluhan kesehatan remaja serta pelatihan ketrampilan untuk kaum ibu.

Penyunting : Saiful Mujib

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.