PULUHAN PEMUDA MENDENREJO KRADENAN ANTUSIAS IKUTI PELATIHAN TERNAK KAMBING




Kradenan – Puluhan pemuda di Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan antusias mengikuti pelatihan ternak kambing. Salah satu kegiatan dalam pelatihan ini adalah, belajar membuat pakan ternak fermentasi dengan bahan baku dedaunan kering.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Madrasah Diniyah Riyadlul Jannah Dusun Goito ini berlangsung mulai Kamis (13/09) dan selesai siang tadi, Jumat (15/09).

 

Peserta pelatihan belajar membuat pakan ternak fermentasi dengan bahan baku dedaunan kering.

 

Pelatihan ini terselenggara berkat kerja sama Balai Besar Peningkatan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PKK) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI dengan Pemerintah Desa Mendenrejo.

Dalam pelatihan ini, peserta tak hanya belajar cara beternak kambing dan mengolah pakan ternak fermentasi. Tetapi juga menyadari dampak bahaya dari pemakaian pupuk kimia, serta cara menanggulanginya.

 “Sayangnya hanya berdurasi 3 hari. Padahal, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kita. Terutama tentang bahaya pupuk kimia, dan cara menghilangkan dampak bahaya tersebut,” ujar peserta pelatihan, Yoto (35).

Selama pelatihan, puluhan peserta ini dibimbing oleh tutor Zulkifli Yusuf (perintis pertanian organik Blora) dan Purwanto (pendamping TKS Kemenaker RI). Kedua tutor ini telah malang melintang di dunia pertanian organik selama bertahun-tahun.

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.