RAGAM OLAHAN DAGING PADA HARI RAYA KURBAN

Blora – Hari raya Idul Adha kerap menjadi hari makan daging bagi umat muslim. Melimpahnya persediaan daging hewan kurban, berupa daging Kambing, Domba, Sapi dan lainnya membuat para petugas dapur bebas bereksperimen untuk mengolah bahan makanan itu menjadi masakan yang memanjakan lidah. Berikut ini ragam olahan daging yang populer saat hari raya Idul Adha.

 

Foto : Merdeka.com

 

  1. SATE KAMBING

Sate kambing menempati peringkat teratas dalam menu populer Idul Adha. Di tangan profesional, bau khas kambing yang prengus (amis kambing : red), justru akan menjadi cita rasa yang menggoda. Daging kambing yang dipotong dadu kemudian ditusukkan pada tusuk sate. Daging kambing ini kemudian dibakar dan disiram saus sate yang terbuat dari kecap manis, bawang merah yang dicincang kasar, potongan tomat ini menjadi menu andalan. Sebagai pelengkap, sate yang telah dibumbui biasanya dilengkapi dengan jeruk nipis untuk mengurangi aroma prengus.

  1. GULAI KAMBING

Gulai Kambing menempati peringkat kedua dalam menu popler Idul Adha. Disanrakan, untuk membuat Gulai Kambing yang lezat menggunakan iga kambing. Iga kambing dan daging kambing direbus hingga setengah lunak. Sementara itu, bumbu gulai yang terdiri atas Jahe, Bawang Merah, Bawang Putih, Lada, Cabe Rawit, Kunyit, Kemiri, Tumbar, Cengkeh dan sebagainya ditumis bersama Serai, Daun Kunyit, Daun Salam dan Daun Jeruk ditumis hingga harum. Rebusan daging dan iga kambing dimasukkan bersama bumbu gulai, kemudian ditambahkan santan encer dan direbus hingga daging melunak. Setelah matang, gulai disajikan dengan Kecap Manis Pedas Gurih dan Bawang Merah goreng.

  1. SOP KAMBING

Bagi anda yang tidak mengkonsumsi masakan bersantan, Sop Kambing dapat menjadi olahan andalan untuk Idul Adha. Sop Kambing ini dilengkapi dengan potongan sayur-mayur di dalamnya seperti, potongan Daun Seledri, Daun Bawang, Kentang dan Wortel. Disajikan hangat dengan taburan Bawang Goreng dan Emping Melinjo. Tidak lupa sambal merah dan potongan jeruk nipis disertakan sebagai pelengkap.

Sugeng Dhahar !

Oleh : Solihati Suraban / BloraUpdates.

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.