SABER PUNGLI AMANKAN KADES KAWENGAN JEPON TERKAIT PRONA



Jepon – Kades Kawengan, Sunarto, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) saat menerima setoran dari salah satu perangkatnya. Diduga, setoran tersebut merupakan pungli untuk mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sebelumnya bernama Prona.

Kapolres Blora AKBP Saptono membenarkan adanya penangkapan terhadap Kades Kawengan ini. Polres Blora rencananya akan mengekspos kasus ini hari Senin (13/08) mendatang.

 

Kades Kawengan terjaring OTT Polres Blora di Kantor Desa Kawengan Kecamatan Jepon, Jumat (10/08).

 

“Ya betul, lain – lain Insyaallah nanti Senin kita ekspos,” ucap AKBP Saptono, seperti dikutip Blora Pos, Sabtu (11/08).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bloranews.com, OTT terhadap Kades Kawengan terjadi pada hari Jumat (10/08) pagi sekitar pukul 10.30 WIB di Kantor Desa Kawengan. Selain mengamankan Kades Kawengan, petugas juga menangkap satu orang perangkat desa setempat.

Menurut sumber Bloranews.com, Kades kawengan ditangkap saat salah satu perangkat desa hendak memberikan setoran kepadanya.

Setoran tersebut, diduga merupakan pungutan liar yang dikumpulkan dari peserta PTSL. Untuk tiap peserta, Kades membebankan biaya tambahan sebesar Rp. 200 ribu, di luar kesepakatan musyawarah desa (musdes).

Sebagai informasi, di Desa Kawengan terdapat 994 bidang tanah yang mengikuti PTSL. Berdasarkan kesepakatan dalam musdes, biaya mengikuti PTSL di desa tersebut adalah sebesar Rp. 250 ribu.

 

Reporter : Imanan

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.