fbpx

TERSESAT, PRIA INI MALAH TEMUKAN API ABADI DI TENGAH HUTAN JATI

Api alami di tengah hutan jati, wilayah Dukuh Kluweh Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati.

Jati – Ternyata, api abadi tak hanya ada di Mrapen Grobogan. Api alam yang berkobar dari perut bumi ini dapat dijumpai di tengah hutan Kabupaten Blora. Tepatnya, di tengah rimbunnya hutan jati kawasan Dukuh Kluweh Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati.

Api alam yang berada di Dukuh Kluweh ini tak banyak dipublikasikan. Nyala apinya cukup besar dan terus menerus berkobar. Di sekeliling api ini, dibuat semacam gundukan tanah agar api tidak merembet dan mengenai pepohonan.

 

Api alami di tengah hutan jati, wilayah Dukuh Kluweh Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati.

 

Tidak jauh dari api alam ini, terdapat sejumlah lobang bekas pengeboran minyak dan gas. Karat pada pipa minyak tersebut, menandakan bahwa pengeboran ini telah lama ditinggalkan. Di dekat tempat ini, terdapat aliran sungai kecil yang berbau belerang.

Seorang relawan dari Komunitas Anti Riba (Karib), Muhammad Edy Susanto (18), menemukan fenomena alam ini secara tak sengaja. Di tengah perjalanan pulang dari kegiatan bakti sosial di Dukuh Alasmalang Desa Temuireng Kecamatan Jati, pria ini tersesat di tengah hutan.

“Saya tersesat saat mau pulang ke Blora. Meski telah mencoba keluar dari hutan selama hampir satu jam, saya malah tersesat semakin jauh,” ujarnya, Minggu (05/08).

Akhirnya, pria ini bertemu dengan seorang warga yang kebetulan melintas di tengah hutan tersebut. Kemudian, warga itu mengantar Edy ke tempat api yang terletak di pinggir sungai yang berbau belerang tersebut.

“Menurut warga, gundukan tanah tersebut dibuat untuk menahan api agar tidak mengenai pepohonan,” pungkasnya.

 

Reporter : Ika Mahmudah