fbpx

11 FAKTA KECAMATAN JIKEN

  • Bagikan
gerbang konsesi minyak
Pintu Gerbang Konsesi Minyak Nglobo di desa Nglobo kecamatan Jiken

Kecamatan Jiken merupakan salah satu kawasan yang memiliki kultur keagamaan yang kental. Kenyataan ini tampak dari keberadaan makam dua tokoh muslim yang menyebarkan agama islam di kawasan Jiken, Eyang Jatikusumo dan Eyang Jati Suworo. Selain itu, di Jiken juga terdapat dua dari tiga cagar alam kabupaten Blora. Hasil tambang berupa minyak bumi juga ditemukan di kecamatan ini. Eksploitasi minyak bumi dilakukan di konsesi minyak Nglobo Jiken. Berikut ini 11 fakta tentang kecamatan Jiken yang berhasil dihimpun Bloranews.com

gerbang konsesi minyak
Pintu Gerbang Konsesi Minyak Nglobo di desa Nglobo kecamatan Jiken
  1. Makam Eyang Jatikusumo dan Jati Suworo berada di 31 kilometer dari pusat kota Blora atau 10 kilometer dari kantor kecamatan Jiken. Masyarakat menyebut dua tokoh ini sebagai Mbah Janjang karena lokasi makamnya berada di desa Janjang.
  2. Setiap tahun dilaksanakan upacara Manganan di makam Eyang Jatikusumo dan Jati Suworo. Manganan ini dilaksananakan pada bulan Rajab.
  3. Di desa Cabak terdapat cagar alam Cabak I dan Cagar Alam Cabak II. Cakar Alam Cabak ini membentang seluas 30 hektar.
  4. Cagar alam cabak memiliki koleksi flora berupa Jati, Mahoni, Johar, Jrakah, Bendo dan Kesambi. Selain itu, cagar alam Cabak juga memiliki koleksi fauna berupa Ayam Hutan, Landak, Monyet Ekor Panjang, Elang dan Kutilang.
  5. Di Nglobo terdapat konsesi minyak Nglobo yang membentang seluas 0,75 kilometer persegi. Sampai saat ini telah digali / dibor 47 buah sumur dengan kedalaman yang berkisar antara 400 meter sampai 1200 meter. Menurut data yang ada, jumlah lapisan tanag pada konsesi minyak Nglobo adalah sembilan lapis. Konsesi minyak Nglobo dieksploitasi oleh OEP III Pertamina Cepu.
  6. Kecamatan Jiken, secara geografis berbatasan dengan kecamatan Bogorejo dan provinsi Jawa Timur. Sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan provinsi Jawa Timur.
  7. Di sebelah selatan, kecamatan Jiken berbatasan dengan kecamatan Sambong dan di sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Jepon.
  8. Luas kecamatan Jiken adalah 168,17 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 38.592 jiwa (2014).
  9. Kecamatan Jiken terdiri atas 10 desa, desa terluas adalah desa Nglebur (29,84 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Genjahan (2,67 kilometer persegi)
  10. Komoditas pertanian pangan utama di kecamatan Jiken adalah Jagung, Padi dan Ketela. Buah-buahan yang dihasilkan kecamatan ini adalah Mangga dan Pisang. Cabai merupakan komoditas sayuran yang dihasilkan kecamatan ini.
  11. Di sub-sektor perkebunan, kecamatn Jiken menghasilkan Tebu, Kelapa dan biji Mete. Sedangkan di sub-sektor peternakan kecamatan Jiken menghasilkan Sapi, Kambing dan Ayam Kampung [.]

Editor        : Sahal Mamur

Foto           : Az Zulfa

*Dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA :

14 FAKTA TENTANG KECAMATAN RANDUBLATUNG

11 FAKTA KECAMATAN BLORA

15 FAKTA KECAMATAN SAMBONG

12 FAKTA KECAMATAN JATI

16 FAKTA KECAMATAN KEDUNGTUBAN

13 FAKTA KECAMATAN BANJAREJO

14 FAKTA KECAMATAN JAPAH

13 FAKTA KECAMATAN KRADENAN

 

banner 120x500
  • Bagikan