fbpx

12 FAKTA KECAMATAN JEPON

  • Bagikan
central jeruk
foto : Pepohonan Jeruk Bali yang berbuah lebat di desa Tempellemahbang kecamatan Jepon

Jepon- Kecamatan Jepon terletak di sebelah timur kota Blora. Di kecamatan ini terdapat berbagai tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Selain memiliki banyak tempat wisata, kecamatan Jepon juga memiliki sejarah para pahlawan pribumi. Berikut ini 12 fakta kecamatan Jepon yang berhasil dihimpun oleh Bloranews.com

central jeruk
foto : Pepohonan Jeruk Bali yang berbuah lebat di desa Tempellemahbang kecamatan Jepon
  1. Di Jepon terdapat sejumlah tempat-tempat wisata yang menarik. Beberapa diantaranya adalah desa wisata Sayuran, waduk Seloparan dan Bukit Cinta di desa Tempellemahbang, sentra kerajinan keramik di desa Balong dan petilasan Eyang Jatikusumo di desa Semanggi.
  2. Di banyak desa di Jepon terdapat sejarah para pahlawan pribumi. Tiga diantaranya adalah Maling Kenthiri di desa Kawengan, Naya Gimbal di desa Bangsri dan Kek Cho di desa Jatirejo.
  3. Salah satu ikon kecamatan Jepon adalah tugu Lombok dan Jeruk yang terletak di kompleks pasar Jepon.
  4. Tugu ini melambangkan komoditas utama pertanian kecamatan Jepon pada masa lalu yaitu cabai dan jeruk.
  5. Sayangnya, baru-baru ini tugu Lombok dan Jeruk dibongkar karena pemerintah daerah melaksanakan pelebaran jalan.
  6. Di kecamatan jepon terdapat sebuah perguruan tinggi swasta. Perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Blora.
  7. Secara geografis kecamatan Jepon berbatasan dengan kabupaten Rembang di sebelah utara dan kecamatan Bogorejo, jiken dan Sambong di sebalah timur.
  8. Di sebelah selatan, kecamatan Jepon berbatasan dengan kecamatan Kedungtuban dan Randublatung. Sedangkan di sebelah barat kecamatan Jepon berbatasan dengan kecamatan Banjarejo dan Blora Kota.
  9. Luas kecamatan Jepon adalah 107,72 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 60.814 jiwa (2014).
  10. Kecamatan Jepon terdiri atas 24 desa dan 1 kelurahan. Desa terluas adalah desa Semanggi (21,02 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Seso (0,98 kilometer persegi).
  11. Komoditas pertanian tanaman pangan kecamatan Jepon adalah Jagung dan Padi. Buah-buahan yang dihasilkan kecamatan ini adalah Pisang, Nangka dan Mangga. Komoditas sayuran kecamatan Jepon adalah Cabai.
  12. Tebu, Tembakau dan Kelapa merupakan komoditas perkebunan kecamatan Jepon, sedangkan di sub-sektor peternakan kecamatan Jepon menghasilkan Sapi, Kambing dan Ayam Kampung [.]

Editor        : Sahal mamur

Foto           : Az Zulfa

*Dihimpun dari berbagai sumber.

banner 120x500
  • Bagikan