fbpx

12 FAKTA KECAMATAN KUNDURAN

  • Bagikan
wihara ngrejeng kunduran
Wihara Bumi Loka Dharma di dukuh Ngrejeng desa Kemiri kecamatan Kunduran, tempat ibadah penganut Budha di Kunduran

Kunduran – Di kecamatan Kunduran, terdapat sebuah Wihara untuk beribadah bagi penganut agama Budha. Wihara ini terletak di dukuh Ngrejeng desa Kemiri. Salah satu tokoh agama Budha di desa Kemiri adalah Romo Siran. Kecamatan Kunduran juga menjadi tanah kelahiran bagi salah satu bapak bangsa Indonesia, Mas Soetardjo sang pencetus petisi Soetardjo. Berikut ini 12 fakta kecamatan Kunduran yang berhasil dihimpun Bloranews.com

wihara ngrejeng kunduran
Wihara Bumi Loka Dharma di dukuh Ngrejeng desa Kemiri kecamatan Kunduran, tempat ibadah penganut Budha di Kunduran

 

  1. Di dukuh Ngrejeng desa Kemiri kecamatan Kunduran terdapat Wihara bagi para penganut agama Budha yang bernama Bumi Loka Dharma. Jumlah penganut Budha di Kunduran adalah 1,15 persen dari jumlah penduduk.
  2. Salah satu tokoh agama Budha di desa Kemiri adalah Romo Siran. Beliau dikenal sebagai tokoh agama yang pluralis dan toleran terhadap penganut kepercayaan lain.
  3. Salah satu bapak bangsa Indonesia, Mas Soetardjo Kartohadikoesoemo lahir di Kunduran pada 22 Oktober 1892.
  4. Selain dikenal sebagai anggota BPUPKI dan PPKI, Mas Soetardjo juga merupakan pencetus Petisi Soetardjo yang menuntut pemerintahan otonom Indonesia pada masa penjajahan Belanda.
  5. Mas Soetardjo dari Kunduran juga merupakan gubernur pertama provinsi Jawa Barat.
  6. Di desa Gagakan terdapat dua buah tugu ikonik kecamatan Kunduran. Tugu Sate di perbatasan Blora-Grobogan dan Tugu Pejuang di pertigaan Gagakan-Kunduran.
  7. Menurut masyarakat setempat Patung Pejuang di pertigaan Gagakan melambangkan persatuan tentara dan rakyat dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Jepang.
  8. Di desa Blumbangrejo terdapat industri batik tulis rumahan. Produk-produk batik tulis dari Blumbangrejo banyak dipamerkan dalam beragam agenda kebudayaan daerah.
  9. Secara geografis, kecamatan Kunduran berbatasan dengan kecamatan Todanan dan Ngawen di sebelah utara. Sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Ngawen dan Jati.
  10. Di sebelah selatan, kecamatan Kunduran berbatasan dengan kecamatan Jati dan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Grobogan.
  11. Luas kecamatan Kunduran adalah 127,98 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 63.198 jiwa (2014).
  12. Kecamatan Kunduran terdiri atas 25 desa dan 1 kelurahan. Desa terluas adalah desa Botoreco (24,56 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Gagakan (1,59 kilometer persegi) [.]

 

Editor  : Sahal Mamur

Foto     : Az Zulfa

*Dihimpun dari berbagai sumber.

banner 120x500
  • Bagikan