fbpx

365 ANGGOTA BARU AMBALAN KI HAJAR DEWANTARA BERSIHKAN SAMPAH DI SUNGAI TUNJUNGAN

  • Bagikan
Pembersihan sampah di sungai Tunjungan oleh anggota baru Saka Ki Hajar Dewantara SMK Kesehatan Bhakti Husada.

Blora – 365 anggota baru ambalan Ki Hajar Dewantara dan ambalan Cut Meurah Intan SMK Bhakti Husada Blora, membersihkan sampah di bantaran sungai di bawah jembatan Tunjungan dua hari ini (2-3/09). Pembersihan sampah ini merupakan puncak penerimaan anggota baru kelompok pramuka di sekolah tersebut. Tujuannya, meningkatkan rasa cinta kebersihan yang merupakan perwujudan dari dasa dharma kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

 

Pembersihan sampah di sungai Tunjungan oleh anggota baru Saka Ki Hajar Dewantara SMK Kesehatan Bhakti Husada.

 

Roy, pembina ambalan Ki Hajar Dewantara dan ambalan Cut Meurah Intan menekankan pentingnya implementasi dari dasa dharma kedua ini.

“Pembersihan sampah di bantaran sungai ini merupakan puncak dari penerimaan anggota baru di ambalan ini. Kita berharap, adanya pembersihan ini sungai akan bersih dan jiwa cinta kebersihan anggota baru ambalan ini dapat tertanam sejak dini,” jelas Roy.

Kegiatan ini didukung oleh komunitas Mahameru Blora, komunitas yang konsisten di bidang lingkungan, budaya dan kepurbakalaan. Tak canggung, dua komunitas beda usia ini bekerja sama membersihkan sampah di sungai yang sebagian besar didominasi sampah plastik yang sulit membusuk.

Sampah yang telah terkumpul, kemudian di bakar di tepi sungai agar terurai. Setelah bersih, anggota baru dari ambalan Ki Hajar Dewantara dan ambalan Cut Meurah Intan memasang spanduk bertuliskan “DILARANG BUANG SAMPAH DI SINI” dan “SUNGAI BUKAN TEMPAT SAMPAH” pada bagian atas jembatan Sungai Tunjungan.

Reporter : Khoirunniam

  • Bagikan