fbpx

FAKTA BLORA : 5 JULUKAN KABUPATEN BLORA

  • Bagikan
Blora dikenal dengan berbagai macam julukan yang menunjukkan tingginya kebudayaan di kota tersebut
NAMA KABUPATEN BLORA
Blora dikenal dengan berbagai macam julukan yang menunjukkan tingginya kebudayaan di kota tersebut

Blora- Kabupaten Blora merupakan kabupaten yang setia memelihara budaya, sehingga oleh masyarakat di luar daerah bermunculan berbagai julukan untuk kabupaten ini. Julukan ini didasarkan pada hasil-hasil budaya dan kekayaan alam yang melimpah. Berikut ini lima julukan Kabupaten Blora yang dikenal masyarakat secara luas.

  1. Blora Kota Barongan

Barongan merupakan seni rakyat yang sangat populer di Blora. Di Blora barongan ditampilkan pada berbagai acara, acara keluarga maupun acara umum dalam agenda-agenda desa. popularitas barongan di Blora ini membuat banyak orang mengidentikan Blora sebagai Kota Barongan. Bahkan, sebuah portal media informasi di Blora menamakan dirinya Blora Kota Barongan di salah satu media sosial.

  1. Blora Kota Sate

Sate Blora merupakan kreativitas kuliner yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Ciri khas Sate Blora ada saus sambal kacang yang melengkapi sajian tersebut. Sampai saat ini, tidak sulit menemukan para penjual Sate Blora di berbagai tempat di Blora. Sebagai wujud rasa bangga atas kuliner ini, di Kunduran didirikan Tugu Sate.

  1. Blora Kota Jati

Melimpahnya kayu jati di Blora membuatnya mendapatkan julukan Kota Jati. Kayu Jati sebagai bahan baku pembuatan mebel dan furnitur dikenal sebagai kayu mewah. Di Blora, hampir separuh wilayahnya terdiri atas hutan jati yang mampu memenuhi permintaan kayu mewah ini di pasar domestik maupun internasional.

  1. Blora Kota Minyak

Minyak Bumi di Blora menjadi salah satu kekayaan daerah yang banyak tersedia di berbagai tempat di Kota Mustika. Minyak ini, selain dikelaola negara melalui BUMN, juga dikelola oleh BUMD bahkan masyarakat secara umum melalui tambang minyak tradisional. Sayangnya, pengelolaan minyak ini belum memberikan efek kesejahteraan yang signifikan kepada masyarakat Blora secara luas.

  1. Blora Kota Mustika

Mustika merupakan jargon Kabupaten Blora, nama ini merupakan akronim dari Maju, Unggul, Sehat, Tertib, Indah, Kontinyu dan Aman. Pada Gapura Blora di perbatasan Kota, jargon ini banyak ditampilkan sehingga masyarakat luas menjuluki Blora sebagai Kota Mustika.

Editor  : Tim Riset Bloranews.com

Foto     : Tim Grafis Bloranews.com

BACA JUGA :

PARA VETERAN BLORA : PESAN TRISAKTI KAPTEN KARSIDIN DARI TUNJUNGAN

 

banner 120x500
  • Bagikan