fbpx

50 UMKM NTB SAMBUT PENGUNJUNG MOTOGP 2022 DENGAN BERRAGAM MAKANAN DAN MINUMAN KHAS LOMBOK

Perhelatan balap motor internasional pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki dampak luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan sekitar.
Produk UMKM.

Jakarta – Perhelatan balap motor internasional pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki dampak luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan sekitar.

Tak hanya meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia, tetapi event ini memberikan harapan baru di bidang ekonomi untuk para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Melalui kerjasama antara Pertamina dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperekraf) dan Dinas Koperasi UKM Provinis Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengkurasi dan memilih 50 UMKM. Ini untuk menyediakan kebutuhan pengunjung terutama aneka makanan dan minuman yang tentunya paling banyak dicari di perhelatan akbar MotoGP.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menyampaikan, 50 Silver Booth Pertamina, berada di Area Thunnel 2. Lokasinya yang strategis sangat memungkinkan untuk dikunjungi banyak orang.

BACA JUGA :  CERITA SUKSES PMI ASAL BLORA MERANTAU 5 TAHUN DI JEPANG

Saat ini UMKM tengah mempersiapkan berbagai hal. Antara lain menyiapkan booth dan aneka ragam pilihan produk makanan dan minuman siap saji. Baik berat seperti nasi balap puyung, soto, ayam taliwang, dan lainnya. Maupun makanan ringan, seperti kue-kue, buah dan aneka camilan yang siap saji. Tersedia pula aneka minuman hangat maupun dingin.

Untuk buah tangan juga tersedia makanan atau minuman. Seperti madu dan kopi khas Lombok yang dikemas unik dan menarik. Booth juga menyediakan beberapa produk cinderamata menarik untuk dibawa pulang.

BACA JUGA :  KEPALA NEGARA BERANG, MENTERI DAN LEMBAGA BANYAK IMPOR BARANG

“Ajang prestisius MotoGp Mandalika diharapkan mampu menciptakan peluang menarik bagi  UMKM lokal” pungkas Fajriyah.

 Keterlibatan UMKM binaan dalam ajang balap motor internasional di Pertamina Mandalika International Street Circuit ini menjadi salah satu bukti dukungan BUMN ini dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals).

Khususnya di point 8 terkait dengan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social and Governance) di seluruh wilayah operasional Pertamina.

Pertamina berharap, agar keberadaan Pertamina Mandalika Street Circuit yang diawali dengan event Asia Talent, World Superbike (WSBK) November lalu, menyusul ajang MotoGP 18-20 Maret. Berdampak luas bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Khususnya bagi pelaku industri pariwisata dan UMKM lokal.

BACA JUGA :  CAPAIAN KREDIT UMKM JATENG LAMPAUI PERMINTAAN NASIONAL

“Semoga keberadaannya menjadi peluang bagi pelaku usaha dan UMKM untuk melakukan penetrasi ke pasar global yang lebih luas,” Imbuhnya

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energy yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global. (Sub).