fbpx

75 DESA DI BLORA AKAN MENDAPATKAN PEMBINAAN KEARSIPAN

  • Bagikan
ARSIP BLORA
Khoirurroziqin, Kabid Kearsipan DPK Blora Foto : Bloranews

Blora – Tujuh puluh lima desa di Blora akan mendapatkan pembinaan kearsipan. Pembinaan ini akan dimulai bulan April 2017. Sasaran pembinaan ini adalah seluruh instansi tingkat desa, ormas dan lembaga-lembaga lainnya. Kepala DPK (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Blora secara langsung akan memimpin pembinaan ini.

 

ARSIP BLORA
Khoirurroziqin, Kabid Kearsipan DPK Blora Foto : Bloranews

 

Khoirurroziqin, Kabid Kearsipan DPK Blora menjelaskan sejumlah persiapan untuk melakukan pembinaan ini tengah dilakukan. “Kita sudah membentuk tim untuk pembinaan kearsipan. Pembinaan ini dipimpin langsung kepala DPK Blora dibantu segenap tim Bidang Kearsipan dan seluruh staf.  Sasaran pembinaan ini adalah segenap instansi tingkat desa, ormas dan lembaga-lembaga lainnya” ujarnya.

Tantangan pelaksanaan pembinaan ini adalah sulitnya mengarahkan pemahaman pengambil kebijakan tingkat desa akan pentingnya pengelolaan arsip. “Pemahaman kearsipan di tingkat desa belum bersifat terpadu, sistematik dan komperehensif. Tantangannya adalah menanamkan pemahaman pengelolaan arsip yang baik di desa” ujar Khoirurroziqin.

Jangankan pada pemerintah tingkat desa, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Blora cenderung tidak menganggap serius pengelolaan arsip.  Dari sekian banyak OPD di Blora, baru sebagian kecil saja yang telah menyampaikan arsip kepada DPK Blora. “OPD yang telah menyampaikan arsip ke DPK adalah Inspektorat, Bappeda, Panwaslu dan pemerintah kecamatan Japah” pungkasnya [.]

Reporter : Jacko Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan