75 PEMUDA BLORA BERLATIH MEMBATIK

Blora – Dinporabudpar (Dinas Pemuda & Olahraga, Kebudayaan dan Periwisata) Blora menggelar Pelatihan Batik untuk pemuda Blora. Pelatihan dimulai kemarin (21/3) dan selesai besok (23/3). Diikuti 75 pemuda se- Blora, peserta dalam pelatihan ini dilatih langsung oleh pengrajin batik khas Blora.

 

BERLATIH MEMBATIK

Latihan membuat Batik Blora oleh Dinporabudpar. Foto : Bloranews

 

Terbatasnya jumlah peserta ini dimaksudkan agar pelatihan dapat berjalan dengan fokus. Ke depan, diharapkan pelatihan batik ini mampu mengembangkan Batik Blora yang memiliki pola dan corak yang khas.

“Pelatihan ini melatih para pemuda yang belum produktif (belum bekerja : red). Tujuannya untuk mengembangkan batik Blora yang memiliki pola dan corak yang khas. Corak Batik Blora meliputi Godhong Jati, Barongan dan Enthung (ungker : kepompong ulat Jati).” ujar Sutiyono, kabid Pemuda & Olahraga Dinporabudpar Blora. Sutiyono juga menambahkan bahwa ke depan para peserta pelatihan diharapkan dapat merintis usaha Batik Blora secara mandiri.

Sengaja, Dinporabudpar Blora menghadirkan para pengrajin Batik Blora sebagai pelatih agar peserta dapat berkonsultasi secara langsung dengan praktisi usaha batik. Nyunarto, Sriati dan Seva Dila merupakan pelatih yang diundang karena telah sukses merintis usaha produksi Batik Jati Emas.

“Batik Blora dengan coraknya yang khas, terbukti diminati para wisatawan dan dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Blora” pungkas Sutiyono [.]

Reporter : Jacko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.