fbpx

8 FAKTA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BLORA

Petani cabai di Kabupaten Blora tersenyum lebar. Sebab Harga Cabe ditingkat petani melonjak derastis. Bahkan sampai 100 persen lebih.
Petani cabai di Blora.

“KABUPATEN BLORA TELAH MEMASUKI ERA AGING POPULATION DITANDAI DENGAN PERSENTASE PENDUDUK USIA 6O KE ATAS YANG TELAH LEBIH DARI 10 PERSEN:”

Persentase penduduk berusia 60 tahun ke atas sebesar 15,01 persen.

Menurut Heryanah dalam jurnal Ageing Population dan Bonus Demografi Kedua di Indonesia (2015), aging population adalah fenomena yang terjadi saat umur median penduduk suatu wilayah atau negara mengalami peningkatan. Penuaan penduduk atau aging population disebabkan oleh meningkatnya angka harapan hidup serta menurunnya tingkat fertilitas atau kesuburan penduduk di suatu wilayah atau negara. Dikutip dari buku Wealth Management (2007) karya Ubaidillah Nugraha, fenomena aging population terjadi dengan diiringi peningkatan usia harapan hidup, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, serta adanya perbaikan di bidang pelayanan kesehatan. Para ahli demografi menjelaskan bahwa suatu negara atau wilayah dapat dikatakan mengalami fenomena aging population, jika jumlah penduduk berusia lanjut mengalami peningkatan.