ADA TOKOH KELAHIRAN BLORA DALAM JAJARAN CALON KAPOLRI PENGGANTI IDHAM AZIZ

Jakarta- Jelang memasuki masa pensiun Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Idham Azis yang akan berakhir pada Januari 2021 tahun depan. Sejumlah kalangan mulai melukan analisis siapa yang akan menggantikan Idham Aziz sebagai orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia.  

 

Kabaharkam Polri, Komjen Agus Andrianto menyerahkan bantuan sembako

Kabaharkam Polri, Komjen Agus Andrianto saat berkunjung ke Blora pada Februari.

 

Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane menjelaskan setidaknya sudah ada 14 nama personel Polri berpangkat Komjen yang berpeluang menggantikan Kapolri saat ini, pasalnya pemilihan calon Kapolri dipilih dari pangkat yang tertinggi yakni jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

“Hanya beberapa saja yang bisa ikut bursa, sisanya tidak bisa ikut karena karena memasuki masa pensiun,” ungkapnya seperti dikutip dari Pasundan News(dot)com. Kamis (19/11).

Neta menambahkan, dengan adanya tiga Komjen yang akan memasuki masa pensiun diantaranya Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Sekjen Kementerian KKP Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjanardi. Maka berpeluang bagi perwira tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) yang akan naik menjadi pangkat Komjen, 

“Siapapun jenderal bintang dua Polri yang naik menjadi bintang tiga tentu berpeluang untuk masuk dalam bursa calon Kapolri,” terangnya.

Dari sederet nama-nama yang berpeluang, ada Pria kelahiran Blora, yaitu Komjen Agus Andrianto, lahir Blora Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967.

Di kutip dari berbagai sumber, Agus Andrianto Meniti karir di kepolisian sejak lulus Akpol pada  1989, Agus memiliki segudang pengalaman di bidang reserse. 

Karirnya dimulai ketika dia menerima tugas di wilayah hukum Polda Sumut. Pada 1992, dia ditunjuk sebagai Kapolsek Sumbul, kemudian pada tahun 1993 Kapolsek Parapat kemudian Kapolsek Percut Seituan pada 1995. 

Setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Pada 1997, dia mendapat amanat sebagai Kapuskodal Ops Polres Lampung Selatan, kemudian pada 1999 Kasat Serse Poltabes Medan, Kasubag Bin Ops Bag Serse Ek Polda Jatim 2001, Kasubag Bin Ops Bag Serse Um Polda Jatim 2001, Wakapolres KP3 Tanjung Perak 2003, Pamen Polda Jatim 2005, serta pada 2006 menjabat Kasat I/Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Pada 2015  juga pernah menjabat sebagai Dir Psikotropika dan Prekursor Deputi Bid Pemberantasan BNN, Dirtipidum Bareskrim Polri 2016, Wakapolda Sumatera Utara 2017, dan pada 2018-2019 Kapolda Sumatera Utara.

Saat Agus sebelumnya pernah menjabat sebagai Saat menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2016, dirinya menangani kasus penistaan agama yang melibatkan mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok.

Sederet tanda penghormatan yang pernah didapatkannya, antara lain Bintang Bhayangkara Pratama, SL. Pengabdian XXIV, SL. Ksatria Bhayangkara, SL. Operasi Kepolisian hingga France Medal.

Saat ini, Agus selain menjabat Kabaharkam Polri, juga dipercaya menjadi Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontijensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19. Tugas Agus bagaimana memastikan para Kasatgas 1-6, Kapusdalops, Kasetops, Kaposko, Kaminops, dan Kasub Satgas Opspus Kontinjensi membuat rencana kegiatan operasi pandemi Covid-19.

Agus juga aktif di perkumpulan Ikatan Alumni Akabri 1989.

Berikut 14 nama calon kuat  pengganti Kapolri Idham Azis menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane.

  1. Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono
  2. Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum), Komjen Pol Agung Budi Maryoto
  3. Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komjen Pol Agus Andrianto.
  4. Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
  5. Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel
  6. Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Komjen Pol Arief Sulistyanto
  7. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar
  8. Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekun
  9. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri
  10. Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Pol Bambang Sunarwibowo
  11. Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Komjen Pol Andap Budhi Revianto
  12. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran
  13. Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi
  14. Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri (jyk)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan