AKIBAT ANGIN KENCANG, RUMAH ROBOH TERBANYAK DI KECAMATAN RANDUBLATUNG

Blora- Hujan deras disertai angin kencang melanda Blora pada petang kemarin. Akibatnya, puluhan rumah hunian warga mengalami kerusakan. Kawasan terparah terdampak bencana terjadi di wilayah Kecamatan Randublatung.

Berikut ini data BPBD Blora terkait kerusakan akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Senin (11/11) pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB. Data ini telah diperbaharui pada Selasa (12/11) pukul 14.00 WIB.

 

Seorang lansia menyaksikan rumahnya roboh akibat terjangan angin kencang

Seorang lansia menyaksikan rumahnya roboh akibat terjangan angin kencang

 

Kerusakan tersebut terjadi pada rumah hunian dan tempat usaha. Tingkat kerusakan bervariasi, mulai dari kerusakan ringan, kerusakan sedang, hingga kerusakan berat. Penghuni rumah yang mengalami kerusakan berat terpaksa mengungsi ke rumah sanak kerabat terdekat.

Berdasarkan data tersebut, di Kecamatan Cepu (Desa Kentong) 1 rumah milik Tarom (40) mengalami kerusakan berat. Di Kedungtuban, rumah Muji (Desa Wado) mengalami kerusakan ringan (tertimpa tower), sedangkan rumah milik Juari (Desa Sogo) mengalami kerusakan berat.

Kemudian, di Kecamatan Randublatung Desa Kutukan, rumah milik Sukur mengalami kerusakan sedang. Rumah milik Sukarjan mengalami kerusakan berat. Sedangkan kerusakan pada tempat usaha warga juga tak kalah parah.

Diantaranya, gudang oven penyimpanan tembakau milik Nur (40) roboh. Kandang ayam milik Yakin (52) roboh dan lebih dari 2000 ekor ayam mati akibat kejadian ini. Masih di Desa Kutukan, gudang penggergajian kayu milik Suyoto (55) roboh.

Di Desa Sumberjo Kecamatan Randublatung, rumah milik Pangat (55) mengalami kerusakan sedang. Bagian depan rumah roboh, namun bangunan utama masih berdiri. Di desa yang sama, satu unit gudang kayu dan 2 unit gudang penyimpanan tembakau roboh.

Di Desa Pilang Kecamatan Randublatung, 1 rumah mengalami kerusakan sedang, 1 rumah mengalami kerusakan ringan, dan 1 rumah mengalami kerusakan berat. Di desa ini, 2 tempat usaha warga yakni kandang ayam roboh diterjang angin.

Di Desa Kediren Kecamatan Randublatung, 1 unit rumah mengalami rusak berat. Di Kelurahan Wulung, 1 unit rumah mengalami kerusakan sedang. Di Desa Kadengan, 1 unit rumah mengalami kerusakan berat, 2 unit rumah mengalami kerusakan sedang, dan 1 unit rumah rusak ringan. Sebanyak 2 tempat usaha juga rusak.

Di Desa Jeruk Kecamatan Randublatung, 1 unit kandang ayam roboh. Di Desa Tanggel, 5 unit rumah mengalami rusak berat. Seorang lansia bernama Karti (92) terpaksa dilarikan ke RSUD Cepu lantaran mengalami luka-luka. Masih di Desa Tanggel, sebanyak 6 rumah warga mengalami kerusakan sedang.

Sementara, di Kecamatan Japah Desa Ngiyono, 1 unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan berat. Hingga saat ini, proses evakuasi masih dilakukan dengan melibatkan relawan kebencanaan dan aparat Forkompimcam setempat. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan