fbpx

AKSI ONE MAN ONE TREE DIGELAR DI HUTAN KAWASAN JIKEN

Jiken – agenda reboisasi (penanaman kembali) digelar pada lahan milik Perhutani di Petak 30 kawasan Dukuh Kalitengah Desa Jiken kemarin (03/12) siang. Dalam agenda yang dimotori BKPH Cabak ini, didukung oleh Polsek dan Koramil Jiken.

 

Perhutani BKPH Cabak bersama Polsek dan Koramil Jiken dalam agenda reboisasi di Petak 30 kawasan Dukuh Kalitengah Desa Jiken, Minggu (03/12).

 

Agenda ini bertujuan, mengurangi lahan kritis, memberikan wawasan kepada masyarakat setempat terkait kebijakan Perhutani tentang aturan pengelolaan kawasan hutan dan meningkatkan kerja sama antara Perhutani dengan para pengambil kebijakan setempat.

“Sebanyak 100 bibit Pohon Mahoni ditanam dalam reboisasi kemarin. Kita bersama sejumlah elemen masyarakat melakukan reboisasi semacam ini tiap bulan, sebagai bentuk implementasi dari kebijakan one man one tree yang dilaksanakan secara nasional,” terang Asper BKPH Cabak Suparno, Minggu (03/12).

Dalam agenda yang dihadiri langsung oleh Danramil Jiken Kapten Inf Sugiyono ini, diharapkan masyarakat memahami adanya kebijakan Perhutani terkait pengelolaan fungsi hutan. Danramil Jiken menegaskan, sejumlah upaya telah ditempuh Perhutani dan para pengambil kebijakan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat di kawasan pinggiran hutan.

“Bersama Perhutani dan Kepolisian, kami telah melaksanakan tiga pendekatan kepada masyarakat meliputi pendekatan kesejahteraan, pendekatan sosial dan pendekatan hukum,” tegas Kapten Inf Sugiyono, Senin (04/12).

Kegiatan reboisasi semacam ini, akan diselenggarakan di sejumlah kawasan lain di Kabupaten Blora. Diharapkan dengan sosialisasi yang ada, masyarakat sadar pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan hutan.

 

Reporter : Amin Mahrus S. / Pendim 0721 Blora