fbpx

ANAK BLORA DIHARAP TEMPUH PENDIDIKAN MINIMAL 12 TAHUN

Acara purnawiyata siswa kelas IX SMPN 3 Cepu, di Gedung Sasono Suko, Cepu, Kamis (25/5/2023).

Cepu, BLORANEWS – Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati berharap agar anak-anak di Blora bisa menempuh pendidikan setidaknya 12 tahun atau tamat jenjang SLTA/sederajat. Menurutnya, hal itu penting mengingat pendidikan berperan dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan berdaya saing.

“Pembangunan SDM di Kabupaten Blora akan terus kami dorong. Salah satunya melalui bidang pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu kunci untuk memecahkan berbagai persoalan yang ada di Blora ini, salah satunya pengentasan kemiskinan,” ucapnya saat menghadiri acara purnawiyata siswa kelas IX SMPN 3 Cepu, di Gedung Sasono Suko, Cepu, Kamis (25/5/2023).

Di hadapan ratusan orang tua siswa-siswa kelas IX yang akan lulus, Mbak Etik, saapan akrab Wabup Tri Yuli, meminta agar para orang tua mendukung anak-anaknya untuk menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya.

“Besar harapan kami kepada 199 siswa-siswi kelas IX, baik dari kelas A sampai G, di SMPN 3 Cepu ini agar nantinya bisa meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Kepada para orang tua, saya berharap agar senantiasa mendukung anak-anaknya agar bisa menempuh pendidikan dan menuntaskan wajib belajar 12 tahun. Adik-adik ini adalah generasi penerus yang akan berkiprah di kemudian hari, maka perlu kita siapkan dari sekarang,” beber Mbak Etik.

Disampaikan, Pemkab Blora terus berupaya agar anak-anak Blora nantinya bisa menempuh pendidikan hingga tamat SLTA sederajat bahkan hingga pendidikan tinggi. Sinergi dengan pemerintah pusat maupun provinsi juga terus dilakukan, termasuk kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Blora maupun luar Blora.

“Termasuk untuk adik-adik yang dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, jangan berputus asa, teruslah bersemangat dan giat belajar, InsyaAllah pasti ada jalan agar bisa mengenyam pendidikan. Tentunya baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemkab Blora juga terus berupaya memberikan perhatian agar tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah di Blora ini,” tambahnya

Dalam kesempatan tersebut, Mbak Etik juga mendoakan serta memberikan motivasi kepada para siswa agar jangan berhenti untuk belajar.

“Pesan saya untuk adik-adik, perjalanan kalian masih panjang, setelah lulus dari sini nanti jangan berhenti! Lanjutkan belajar di sekolah SMA/ SMK/ sederajat! Asahlah potensi dan bakatmu! Belajarlah yang sungguh-sungguh! Pendidikan itu penting untuk bekal kalian menggapai cita-cita. Saya mendoakan agar seluruh siswa kelas IX ini nanti bisa lulus semua dan diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menggapai cita-citanya,” ungkapnya

Ia juga mengapresiasi pengabdian dari para guru yang telah sepenuh hati mendidik anak-anak. Termasuk meminta para guru untuk senantiasa mengembangkan diri. Mengingat tantangan yang dihadapi dunia pendidikan kedepan akan semakin besar.

“Saya berharap kepada pada guru untuk terus mendidik siswa-siswinya dengan lebih baik, supaya kelak menjadi anak yang berkualitas. Tingkatkan terus kinerja panjenengan agar semakin bagus! Saya juga berharap agar niat ikhlas para guru dalam melaksanakan tugas selama ini terus dikuatkan, sebab tantangan pendidikan ke depan akan semakin besar,” pungkasnya

Hadir dalam acara Purnawiyata siswa-siswi kelas IX SMPN 3 Cepu, yakni Camat Cepu, Forkopimcam Cepu, Komite dan Kepala Sekolah SMPN 3 Cepu, para guru dan staf, serta seluruh wali murid kelas IX SMPN 3 Cepu. (Ads)