fbpx

ANALISA PILGUB JATENG 2018 : KAWASAN PANTAI UTARA BASIS SUDIRMAN SAID

  • Bagikan
Kabupaten di sepanjang pantai utara Jateng yang berpotensi menjadi kantong suara Sudirman said meliputi Batang, Kendal, Demak dan Blora. Gambar peta : katadata.com

Blora – Dari peta gabungan hasil pemilihan gubernur, bupati, dan walikota tahun 2013, 2015 dan 2017, tampak bahwa kantong suara pendukung PDIP tersebar di sejumlah wilayah Jawa Tengah.

Di sebelah barat, Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Kota Pekalongan merupakan kantong suara Ganjar yang paling potensial.

 

Kabupaten di sepanjang pantai utara Jateng yang berpotensi menjadi kantong suara Sudirman said meliputi Batang, Kendal, Demak dan Blora. Gambar peta : katadata.com

 

Kawasan ini berbatasan dengan empat kabupaten di mana PDIP kurang dominan, yaitu Kabupaten Pekalongan, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, dan Purworejo.

Kantong suara Ganjar yang paling potensial berkumpul di kawasan tengah. Daerah tersebut terdiri dari Kota dan Kabupaten Semarang, Magelang, Kabupaten Temanggung, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, dan Kota Surakarta (Solo).

Sementara itu, daerah yang berpotensi menjadi basis dukungan Sudirman Said berada di sepanjang jalur pantai utara, terdiri dari Kabupaten Batang, Kendal, Demak, Blora, serta Cilacap di Selatan.

Berdasarkan data di atas, boleh dikatakan bahwa Ganjar memiliki modal besar untuk menang. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berada di kota dan kabupaten berwarna merah meliputi 43 persen dari seluruh DPT Jawa Tengah.

Sementara itu, jumlah DPT daerah yang berwarna biru hanya 16 persen. Adapun bagi Sudirman Said harus bekerja ekstra keras merebut suara di kantong-kantong yang selama lima tahun terakhir terbukti merupakan basis PDIP untuk meraih kemenangan.

Sumber : https: katadata.co.id

Periset : Tita Adelia / Divisi Riset dan Data Katadata

Penyunting : Achmad Niam Djamil

  • Bagikan