fbpx

ANGKA COVID DI KUDUS TINGGI, MENKES MINTA GANJAR BERIKAN PENDAMPINGAN

ANGKA COVID DI KUDUS TINGGI, MENKES MINTA GANJAR BERIKAN PENDAMPINGAN
Budi Gunadi Sadikin secara khusus menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semarang- Tingginya lonjakan Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Kudus membuat Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin secara khusus menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh Semarang, Sabtu (05/06). 

Kepada Ganjar, Menteri kesehatan meminta agar orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut untuk melakukan advokasi sekaligus pendampingan pada Bupati Kudus, Hartopo dalam penanganan lonjakan Covid-19.

“Maka saya minta pak Ganjar membantu. Beliau kan pembina, jadi bisa mendukung Bupati Kudus kalau tekanannya terlalu banyak. Kadang-kadang Bupati pusing mesti ngapain, tapi kalau ada kakaknya, maka dia tenang. Sebagai kakak, pak Gub bisa membantu backup,” harap Menteri Kesehatan.

Budi menyampaikan ada beberapa hal yang mesti dibenahi di Kudus. Diantaranya tekanan di rumah sakit Kudus harus dikurangi dengan cara pasien Covid-19 yang kondisinya berat diminta dikirim ke Semarang.

“Selain itu, untuk yang positif Covid-19 namun OTG, maka harus diisolasi terpusat. Protokol kesehatan juga harus ditingkatkan, Bupati harus sering edukasi soal ini,” ungkapnya.

Dikatakan Budi, pihaknya saat ini juga sudah memberikan bantuan berupa penambahan tenaga kesehatan.

“Kami juga sudah bantu dengan menambah tenaga kesehatan. Dokter dan perawat sudah kami tambah, dengan total dokter 38 dan 70 perawat. Nanti kami carikan tambahan dari sini (Jateng), termasuk yang dari rumah sakit swasta,” jelasnya.

Menanggapi permintaan dari Menkes, Ganjar Pranowo mengaku sudah meminta Bupati Kudus untuk segera membuat tempat isolasi terpusat. Masyarakat yang OTG harus dimasukkan ke tempat isolasi terpusat itu.

“Kalau tidak ada tempatnya, kirim ke Semarang. Kami punya beberapa tempat isolasi terpusat. Atau kalau mau ke asrama haji Donohudan, disana juga ada. Sekarang yang penting Bupati perintahkan itu, maka semua bisa berjalan,” ucapnya.

Ganjar menambahkan, pihaknya juga telah membentuk tim yang mulai hari ini berkantor di Kudus. Bahkan TNI/Polri juga sudah diminta untuk terus siaga.

“Semuanya sudah diberikan, maka sekarang tinggal keputusan-keputusan dari Bupati. Kami akan terus dampingi, bahkan saya punya tim yang mulai hari ini ngantor di Kudus. Kami dampingi dan advokasi, biar semuanya semangat kembali,” pungkasnya. (Jyk)