fbpx

ANGKAT KEJAYAAN MASA SILAM DENGAN NGLARAS JAGAT NGLORAM

Kirab Gunungan Banawa Sekar.
Kirab Gunungan Banawa Sekar.

Cepu, BLORANEWS – Beragam kesenian lokal menjadi pilihan sebagai penyederhanaan sejarah panjang pada situs Ngloram yang berada di wilayah Cepu, Kabupaten Blora.

“Kita percaya materi sejarah yang panjang tentang Ngloram dapat disederhanakan dan diindahkan dengan ragam bentuk kesenian lokal,” terang Inisiator Bumi Budaya, Totok Supriyanto saat ditemui di lokasi, Sabtu (19/11/2022).

Komunitas Bumi Budaya ini menyelenggarakan kegiatan Nglaras Jagat Ngloram dengan tema memasadepankan masa silam. Ragam kegiatan dilaksanakan di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora selama dua hari. Yakni 19-20 November 2022.

BACA JUGA :  BANDARA NGLORAM BUKA RUTE BARU BLORA-SURABAYA

Lokasi yang berdekatan dengan situs Makam Sunan Ngudung dan tak jauh dari Bandara Ngloram ini, menurut Totok dirasa penting gelaran-gelaran seni budaya dilaksanakan secara aktraktif dan edukatif.

“Memasadepankan masa silam. Tujuan kita mengimplementasikan sejarah dengan menginisiasi kegiatan kesenian dan kebudayaan yang berbasis kebersamaan masyarakat,” terang Totok yang juga pemerhati sejarah.

Nglaras Jagat Ngloram diawali diskusi bersama mahasiswa dan pelajar Blora. Tujuannya menggaet peran akademisi terhadap pemajuan kebudayaan di Situs Ngloram.

Imam Ali Basori menjadi pemantik diskusi ini mengatakan, pelajar dan mahasiswa jangan hanya mengetahui sejarah nasional saja, juga harus tahu sejarah lokal.

BACA JUGA :  KEDUNGSATRIYAN : BERPANTANG MEMAKAN BELUT

“Hari ini kita memulai sesuatu yang besar, bagaimana kebudayaan sebagai pilar pembangunan kita hadirkan di event situs Ngloram ini untuk coba kita angkat. Menghadirkan teman pelajar dan mahasiswa kita memperlihatkan lebih dalam identitas Blora,” kata Imam yang juga merupakan dosen filsafat di STAI Khozinatul Ulum Blora ini.

Pendapatnya, perlunya kita melihat apa yang berada di kampung Blora memiliki efek yang sangat besar. Situs Ngloram menjadi salah satu simbol yang perlu diperlihatkan.

BACA JUGA :  KERAMAT SUNAN BONANG

“Sisi lain event ini juga merupakan simbol pembangunan yang dilakukan semua pihak, harus memperhatikan dari segi aspek kebudayaan. Ini yang penting, sehingga simbol ini yang ingin kita tampilkan,” bebernya.

Untuk diketahui, acara Nglaras Jagat Ngloram pada hari ini selain diskusi juga terdapat pasar wura-wari, kirab gunungan banawa sekar, ziarah kubur, pementasan musik gamelan dan jagong budaya. Kemudian, Minggu (20/11/2022) besok digelar lomba dolanan tradisional, lomba hadroh dan ngaji budaya. (jam)