ANJANGSANA TIM INDONESIANA KE TOKOH SAMIN KARESIDENAN PATI

Pati Tim Indonesiana melakukan anjangsana ke kediaman sejumlah tokoh samin di wilayah Karesidenan Pati. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan acara Ngenger Samin dan Temu Ageng Sedulur Sikep yang akan berlangsung bulan depan.

 

Tim Indonesiana berkunjung ke kediaman tokoh samin, Gunretno

Tim Indonesiana berkunjung ke kediaman tokoh samin, Gunretno

 

Ketua tim Indonesiana, Dalhar Muhammadun mengungkapkan, melalui acara Ngenger Samin, masyarakat luar akan banyak belajar tentang tradisi dan budaya Sedulur Sikep. Sehingga, kehadiran para tokoh Samin akan sangat dinantikan.

“Sedangkan kegiatan Temu Ageng Sedulur Sikep akan mempertemukan dulur-dulur sikep dari berbagai daerah seperti Blora, Bojonegoro, Pati dan Kudus. Acara akan berlangsung selama 3 hari,” kata Dalhar, Rabu (21/08).

Rangkaian anjangsana tim Indonesiana dimulai dengan kunjungan ke kediaman tokoh Sikep Pati, Gunretno. Dilanjutkan ke kediaman tokoh Sikep Kudus, Wargono dan Budi Santoso. Meski berlangsung singkat, kunjungan tersebut disambut baik para tokoh Sikep.

Bahkan, di sela kunjungan, para tokoh Sikep memaparkan sejumlah ajaran-ajaran Sikep yang sarat makna. Diantaranya, ajaran untuk menguatkan persaudaraan sesama manusia, dan ajaran untuk saling menghormati.

“Yen wis dadi dulur, butuhmu yo butuhku. Tak tompo seneng, mergo wis dirintis lan butuh wektu suwe kanggo ngraketno seduluran (Kalau sudah saudara, harus saling tolong menolong. Kita terima dengan senang hati, karena butuh waktu lama untuk mempererat persaudaraan, terj),” kata tokoh Samin Pati, Gunretno. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.