fbpx

ANJING PELACAK POLRES BLORA RUTIN MENGKONSUMSI SUSU, TELUR, MADU DAN MULTIVITAMIN

  • Bagikan
Latihan anjing Pelacak Unit Satwa (K9) Sat Sabhara Polres Blora.

Blora – Anjing Pelacak Unit Satwa (K9) Sat Sabhara Polres Blora akan membantu pengamanan jelang Pilgub Jateng 2018 dan Operasi Lilin 2017. Untuk itu, dibutuhkan latihan rutin dan asupan gizi yang memadai untuk menjalankan tugas berat ke depan.

 

Latihan anjing Pelacak Unit Satwa (K9) Sat Sabhara Polres Blora.

 

Kasat Sabhara Polres Blora AKP Siswanto mengatakan  keberadaan Unit Satwa K-9 sangat membantu tugas Polri  karena dari kepintaran dan ketangkasannya Anjing-angjing tersebut kerap digunakan untuk mengungkap kasus maupun pelacakan benda berbahaya atau zat adiktif yang terkadang disembunyikan rapi oleh para pelaku kriminalitas.

“Kami terus meningkatkan kemampuan Anjing pelacak tersebut, dimana setiap hari berlatih bersama yang mana dapat diperbantukan sewaktu-waktu dalam pengamanan tugas teknis Kepolisian termasuk kesiapan back up pengamanan Jelang Pilkada tahun 2018 dan Operasi Lilin 2017 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018,” ujar Kasat Sabhara disela-sela latihan rutin Unit Satwa (K9) ini, Kamis (19/10).

Ia menambahkan Satwa tersebut bersama anggota akan diterjunkan dalam sterilisasi gereja-gereja dan tempat ibadah perayanan Natal termasuk melaksanakan patroli di sejumlah objek vital, dan pemusatan massa dalam perayaan tahun baru nanti.

Dua ekor satwa anjing yang dimiliki Polres Blora bernama Ciko dan Bagong, sebelum melakukan latihan terlebih dahulu dibersihkan kandangnya. Anjing unit K9 yang dimiliki Polres Blora memiliki spesifikasi kemampuan sebagai pelacak Narkotika, bahan peledak dan Pelacak Umum.

Pelatihan rutin ini bertujuan supaya Satwa anjing Unit Satwa (k9) Polres Blora lebih mahir dan siap siaga jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu untuk melatih kemampuan indra penciuaman dan pelacakan supaya tetap terjaga baik dalam membantu tugas Kepolisian.

Kanit Satwa K9 Bripka Joko mengatakan beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya memandikan anjing tiga kali dalam seminggu, menjaga kesehatan dengan rutin dilakukan pemeriksaan ke Dokter Hewan, menjaga kebersihan kandang serta memotong bulu dan kuku.

“Ciko dan Bagong diberi asupan yang mengandung protein berupa susu putih hangat dicampur telur dan madu, serta multivitamin kapsul,” ucap anggota Polres Blora yang sebelumnya bertugas sebagai pawang Unit K9 Brimob Mabes Polri ini.

Reporter : Niam Jamil / Humas Polres Blora

  • Bagikan