fbpx

ANTISIPASI PENYEBARAN PMK, PEMKAB BLORA BENTUK SATGAS DI TINGKAT KECAMATAN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora bentuk Satuan Tugas (Satgas) di tingkat kecamatan guna menekan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Blora. 
Rapat Koordinasi dengan perangkat daerah dan camat se Blora.

Blora, BLORANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora bentuk Satuan Tugas (Satgas) di tingkat kecamatan guna menekan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Blora. 

Dijelaskan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dalam rapat koordinasi dengan perangkat daerah dan camat se- Blora, saat ini PMK telah menjangkiti sejumlah hewan ternak di Blora. Menurutnya, melalui Satgas di tingkat kecamatan diharapkan bisa mempermudah koordinasi dengan pihak terkait untuk pencegahan dan penanganan PMK. 

BACA JUGA :  KELOMPOK SANTRI TANI MILENIAL KELOLA PETERNAKAN JOPER

“Para camat se-Blora, saya berharap segera membuat satuan tugas (satgas) dengan forkopimcam, nanti berkoordinasi dengan kepala desa, dan nanti khususnya dengan Dinas P4 melaporkan terkait PMK dan langkah-langkah yang diperlukan,” jelasnya, Jumat (27/5). 

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Blora, Kiswoyo menjelaskan, saat ini penutupan sementara pasar hewan dan penyekatan masuknya sapi dari daerah lain telah diterapkan. Menurutnya, hal ini dilakukan guna mengantisipasi perluasan penularan PMK pada hewan. 

BACA JUGA :  RATUSAN HEWAN TERNAK POSITIF PMK

“Hari ini kita sudah laksanakan penyekatan untuk hewan terutama sapi dari luar daerah yang masuk ke Blora di beberapa titik kerjasama dengan Polres untuk mengantisipasi penyebaran penyakit PMK di Blora,” terangnya. (Kin).