ANTOK, MENGOLAH TANAH LIAT MENJADI KERAMIK CANTIK

kerajinan hasil karyanya antok Foto : Bloranews

Jepon- Membentuk tanah liat menjadi keramik cantik harus melewati beberapa tahap. Mulai dari mengatur komposisi yang tepat antaratanah liat, air dan bahan lainnya sampai membakarnya dengan alat khusus memakan waktu yang cukup lama.

Antok, salah satu pengrajin keramik dari desa Balong Jepon, menunjukkan tahapan-tahapan pembuatan keramik cantik produk unggulan desa tersebut. Desa Balong Jepon beberapa tahun ini menjadi perhatian para pemburu cinderamata keramik dari Blora dan luar kota.

(baca : BALONG – JEPON, SENTRA CINDERA MATA KERAMIK DI KOTA MUSTIKA)

“Untuk membuat produk keramik, kita pakai beberapa metode yang berbeda. Membuat mangkuk keramik misalnya, kita pake metode throwing. Ketelitian dan kesabaran menjadi kunci utama produk keramik yang berkualitas” ujarnya.

Metode throwing atau metode putar adalah membentuk tanah liat dengan memutarnya di atas subang pelarik (alat pemutar) tradisional. Tanah liat yang sudah berbentuk, kemudian dikeringkan dan dibakar. Proses terakhir dari perjalanan tanah liat ini adalah finishing dengan cara pengglasiran.

Dengan produk keramik hasil karyanya, Antok mendapatkan kehormatan untuk mewakili Blora dalam sebuah pameran di tingkat provinsi Jawa Tengah.

“Bersama Bappeda dan Dinas Pariwisata Blora, keramik dari tempat ini mewakili kabupaten Blora di pameran tingkat Jawa Tengah” ujarnya Bangga.

Bermacam produk keramik tersedia di galerinya, di desa Balong Jepon. Mulai dari piring saji aneka bentuk, asbak, vas bunga, mangkok keramik dan mug bisa didapatkan di tempatnya [.]

Reporter : Jack Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.