Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

APA BEDANYA BANGKU SMA DAN BANGKU KULIAH ?




Dunia perkuliahan dan SMA memang sangat berbeda . Jika kita telah duduk di bangku perkuliahan, kita akan merasakan perbedaan 180 derajat dengan bangku SMA, atau masa sekolah sebelumnya.

Perbedaan pertama, jadwal pelajaran di sekolah telah ditentukan melalui kurikulum sekolah. Sehingga, siswa hanya menjalankan saja. Berbeda dengan di kampus, mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang diinginkannya, atau sesuai dengan kebutuhan.

 

Siti Rosyidatul Askanah

Siti Rosyidatul Askanah

 

Perbedaan kedua, di bangku sekolah, siswa cenderung pasif. Siswa di bangku sekolah hanya terpusat pada penjelasan guru dan buku panduan yang sama, untuk satu pelajaran.  Berbeda dengan situasi di perkuliahan.

Di kampus, mahasiswa dituntut lebih aktif. Baik di dalam kegiatan perkuliahan maupun di lingkingan organisasi kampus, sehingga kita dapat belajar mandiri.

Mahasiswa juga harus berinisiatif dan kreatif dalam belajar, karena dosen hanya memberi kerangka, dan mahasiswa harus mencari materinya. Berbagai metode pencarian materi perkuliahan dilakukan mahasiswa untuk melengkapi kerangka yang ada.

Untuk mendapatkan materi yang lengkap, mahasiswa dapat mencari di internet, atau membaca  berbagai buku yang tersedia di perpustakaan kampus, maupun di luar kampus.

Kesimpulan saya, kuliah adalah tempat yang tepat untuk mengasah kemandirian sehingga timbul sifat kedewasaan. Singkatnya, dunia perkuliahan lebih memberi kebebasan dalam belajar, dibanding di bangku sekolah menengah.

Penulis: Siti Rosyidatul Askanah (18) mahasiswi IKIP Bojonegoro semester pertama, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan