fbpx

APEDI DORONG BUMDes TINGKATKAN INOVASI

  • Bagikan
Kunjungan Ketua DPD APEDI Jateng di Kabupaten Blora
Kunjungan Ketua DPD APEDI Jateng di Kabupaten Blora

Blora- Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di tiap desa dinilai terlalu monoton dan bergantung pada bantuan modal dari pemerintah. Hal ini dinilai menghambat laju BUMDes yang sebenarnya bertugas sebagai motor perekonomian di akar rumput.

 

Kunjungan Ketua DPD APEDI Jateng di Kabupaten Blora
Kunjungan Ketua DPD APEDI Jateng di Kabupaten Blora

 

Keprihatinan ini diungkapkan Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) Jawa Tengah, Ismail Candra saat berkunjung ke Blora, Kamis (12/03) kemarin. Menurutnya, sebagian besar BUMDes yang ada, masih menerapkan cara kerja klasik.

“Cara kerjanya monoton dan terkesan hanya formalitas. Harus ada inovasi yang dilakukan, misalnya dengan menggandeng investor sehingga mengurangi ketergantuangan terhadap bantuan pemerintah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ismail menambahkan, saat ini APEDI siap menggandeng BUMDes unntuk semakin berinovasi. APEDI sendiri memiliki 4 program di tahun ini, meliputi jaringan desa online, sembako murah, promosi produk desa standar ekspor,  dan desa mandiri energi.

Senada, Ketua DPC APEDI Kabupaten Blora, Wahyu Prihyanti menilai situasi yang sama juga terjadi di Blora.  Dimana, tidak sedikit BUMDes yang tak mampu menggerakkan perekonomian lokal karena minimnya inovasi.

“Intinya, kita siap menjadi mitra BUMDes untuk mendorong dilakukannya langkah-langkah yang inovatif sesuai dengan potensi masing-masing. Tujuan akhirnya, perekonomian di tingkat akar rumput dapat berkembang,” harapnya. (amik)

  • Bagikan