fbpx

ASIKNYA PERPUSJAL DOPE MEMBACA DAN BERMAIN SAMA ANAK-ANAK TANGGEL

Perpustakaan Jalanan (Perpusjal) Dope menggelar kegiatan Sambang Sambung Sumbang Deso di Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Minggu (22/5). Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari Desa Tanggel.
Kegiatan Sambang Sambung Sumbang Deso Perpusjal Dope di Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung.

Randublatung, BLORANEWS – Perpustakaan Jalanan (Perpusjal) Dope menggelar kegiatan Sambang Sambung Sumbang Deso di Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Minggu (22/5). Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari Desa Tanggel.

Founder Perpusjal Dope, Nanang Apri Prasetyo memaparkan, kegiatan yang dilakukan diantaranya membaca, mewarnai, permainan tradisional, workshop eco print dan tie die. Juga ada dongeng anak. Nanang mengaku sengaja menggelar kegiatan tersebut sebagai edukasi kepada anak-anak.

BACA JUGA :  WARGA TANGGEL BELAJAR MEMBATIK DARI BAHAN ALAM

“Kami ingin menumbuhkan semangat membaca generasi bangsa, terkhusus daerah pelosok desa yang jarang ada kegiatan sosial. Memotivasi anak-anak guna lebih kreatif dan aktif. Membaca, mengasah kemampuan termasuk kerja kelompok,” paparnya di Kantor Balai Desa Tanggel.

Agenda Sambang Sambung Sumbang Deso selama dua hari, 21-22 Mei 2021. Ini merupakan program kedua pada tahun 2022. Program Pertama yaitu 12 desa di Kecamatan Jati yang rampung sebelum Ramadan kemarin.

BACA JUGA :  CETAK KADER INTELEKTUAL, PMII BLORA GELAR LITERASI RAMADHAN

Dilanjutkan program kedua ini di lima desa tiga kecamatan. Kecamatan Jati yaitu Desa Pengkoljagong dan Gempol. Kecamatan Randublatung yakni di Desa Tanggel dan Tlogotuwung. Kemudian di Desa Ngrawoh, Kecamatan Kradenan. Kegiatan bersifat fleksibel, waktu menyesuaikan kesiapan dari pihak Desa dan tim.

“Saya senang sekali ikut ini. Bisa belajar membaca, mewarnai, bermain, macam-macam lah. Dapat pengalaman juga. Teman-temannya asik,” ungkap salah seorang peserta, Sela, siswa kelas 3 dari SDN 1 Tanggel.

BACA JUGA :  DORONG MINAT BACA SISWA, SD SASMITA EDUKASI GELAR KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAERAH

Seorang guru SDN 1 Tanggel, Panjiati merasa senang dengan adanya kegiatan dari Perpusjal Dope di desa yang jaraknya 33 km dari pusat Kota Blora. Ia berharap kegiatan semacam ini rutin dilakukan.

“Kami selaku guru tentu sangat senang dengan adanya kegiatan perpusjal. Ini sangat membantu anak-anak biar suka membaca. Mereka juga sangat antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan,” ujarnya. (Jam).