BAKTI LINGKUNGAN, CETHIK GENI SERAHKAN 100 BIBIT TREMBESI UNTUK PENGHIJAUAN

Cepu- Sebanyak 100 bibit pohon Trembesi diserahkan tim Cethik Geni kepada Pemerintah Desa Kentong dan Cabean, Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Bibit Trembesi ini nantinya akan digunakan untuk penghijauan di sepanjang jalan Kentong-Cabean hingga Sugihwaras.

Koordinator Cethik Geni, Rita Oktaviana menyebutkan, dalam aksi sosial ini pihaknya tak hanya menggandeng pemerintah desa. Melainkan juga, para relawan peduli lingkungan di Kota Cepu dan instansi pemerintah di sektor kehutanan.

 

Tim Cethik Geni (kaos hitam) menyerahkan bibit pohon Trembesi kepada Pemdes Kentong dan Cabean

Tim Cethik Geni (kaos hitam) menyerahkan bibit pohon Trembesi kepada Pemdes Kentong dan Cabean

 

“Gagasan besar yang kita usung adalah mewujudkan adalah bicycle tracking (jalur sepeda) yang dinaungi pohon rindang, sepanjang Kentong hingga Garas (sebutan Dusun Sugihwaras Desa Kapuan),” terang Rita, Senin (11/11).

Bukan kali ini saja Cethik Geni menggelar aksi peduli lingkungan. Sebelumnya, komunitas ini bersama dengan anak-anak pecinta baca menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik di Kracakan Watu Gong (KWG) Desa Ngloram. Belakangan, budidaya tanaman telang pun digalakkan komunitas ini.

“Jadi, nantinya saat ada wisatawan yang berkunjung ke Kapuan akan disambut dengan rindangnya pohon Trembesi, dan indahnya bunga Telang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, budidaya bunga Telang yang dimotori tim Cethik Geni ternyata berhasil menambah penghasilan warga setempat. Bunga berwarna ungu tersebut dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk berbagai sajian kuliner.

Berbagai olahan bunga Telang produksi Cethik Geni juga diminati konsumen dari berbagai kalangan. Produk teh Telang ternyata diminati pelaku bisnis perhotelan di Cepu, dan berhasil menembus pameran kuliner di Jawa Tengah hingga Ibu Kota.

Terkait penghijauan, Rita menyebutkan, pohon Trembesi memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah pertumbuhannya yang relatif cepat. Kemampuan pohon ini untuk memproduksi oksigen diharapkan dapat menyejukkan udara di kawasan tersebut.

“Penghijauan ini juga merupakan langkah preventif untuk melindungi air tanah. Dalam jangka panjang, ini akan mewujudkan kawasan ini sebagai zona yang asri, sejuk dan nyaman,” pungkasnya. (cgt)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan