fbpx

BANSER AMANKAN PAWAI TAARUF PONPES KHOZINATUL ULUM

  • Bagikan
BANSER AMANKAN PAWAI TAARUF PONPES KHOZINATUL ULUM
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) melaksanakan pengamanan (Pam) Pawai Ta'aruf Haflah Akhirussannah Ponpes Khozinatul Ulum. Foto : Bloranews

Blora – Puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) melaksanakan pengamanan (Pam) Pawai Ta’aruf Haflah Akhirussannah ribuan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Khozinatul Ulum Blora sejak pagi pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB siang, Minggu pagi (7/5/2017) kemarin.

Nampak sejumlah anggota Banser bersama anggota Polsek Blora Kota di beberapa titik jalan mengatur lalu lintas yang dilintasi peserta pawai yang mengeliling Kota Blora itu, diikuti kurang lebih 2.500 masa. Mereka terdiri dari elemen santri, pelajar TK, MI, MTs, dan MA serta Mahasiswa STAI Khozinatul Ulum, yang diawali dari komplek Ponpes Khozinatul Ulum Induk yang berada di Kaliwangan, Blora.

 

BANSER AMANKAN PAWAI TAARUF PONPES KHOZINATUL ULUM
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) melaksanakan pengamanan (Pam) Pawai Ta’aruf Haflah Akhirussannah Ponpes Khozinatul Ulum. Foto : Bloranews

 

Komandan Regu (Danru) Banser Satkorcab Blora, Margono mengatakan Satkorcab menurunkan personel Banser sebanyak empat regu yakni 40 orang dalam kegiatan tersebut.

“Pasukan Banser secara resmi diterjunkan dalam pengamanan kegiatan-kegiatan seperti ini oleh Satkorcab baik dengan undangan atau tidak, untuk kegiatan ini setiap regu sudah kami bagi tugasnya di posnya masing-masing. Selain itu, ini sebagai implementasi syiar dakwah Islam dan NU di Blora,” ujar Margono.

Rute pawai tersebut, dari Kaliwangan menuju Jl Sumbawa-Jl Nusantara-Jl KH Ahmad Dahlan-Jl Abu Umar-Jl RA Kartini, kemudian berakhir di Alun-alun Blora.

Menurut Margono, Banser secara rutin mengawal keamanan baik yang dilaksanakan pesantren dan Nahdlatul Ulama (NU) maupun kegiatan lain dimasyarakat. 

“Kemarin kami juga melakukan Pam dua hari berturut-turut, pengajian haflah di Nglego Purworejo dan tadi malam pengajian penutupan KKN Mahasiswa STAI Khozin di Mojowetan Banjarejo. Senin malam Pam lagi di Tambaksari acaranya sama,” terang anggota Banser Blora ini.

Dengan padatnya jadwal pengamanan kegiatan dimasyarakat, pihaknya sudah melakukan pembagian tugas terhadap pasukannya, khususnya di sejumlah wilayah di Blora Kota.

“Sudah kita koordinasikan dengan Komandan Satkoryon dan Satkorpok, mereka Pam diwilayahnya masing-masing. Nanti juga ditambah pasukan dari Satkorcab,” ungkapnya.

Selanjutnya,  kegiatan yang berakhir di Alun-alun  Blora tersebut, dipungkasi dengan apel di depan panggung kehormatan yang di pimpin pengasuh pesantren tersebut KH Muharor Ali dan disaksikan Wakil Bupati Blora Arief Rohman dan beberapa tokoh alim ulama, serta jajaran Forkopimda. Dengan pertunjukan kebolehan dari masing-masing kontingen dihadapan para tamu undangan.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum Blora KH. Muharror Ali menyampaikan bahwa peserta pawai berasal dari Ponpes Pusat, Ponpes 1, 2, 3 dan 4, serta pelajar sekolah dibawah naungan ponpes, juga keluarga besar alumni Khozinatul Ulum.

“Acara ini merupakan kegiatan pembuka rangkaian Haflah Khotmil Qur’an dan Haul Masyayikh 1438 H di Ponpes kami. Puncaknya nanti pada tanggal 16 Mei 2017 dengan menggelar Pengajian Umum menghadirkan pembicara KH Rojih Ubab Maimun dari Sarang Rembang, KH Thoifur Mawardi dari Purwokerto dan KH Rozaq Shofawi dari Solo,” ujar pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum, KH Muharror Ali.

Sedang kegiatan lainnya Khataman Al Qur’an, semaan peserta khataman Juz Amma, khitanan massal, ziarah ke makam pendiri Ponpes yang ada di Sukorame, dan ditutup pengajian akbar.

Diakhir, seluruh kontingen pawai kembali melakukan perjalanan melalui Jl Mr Iskandar dan finish di Ponpes Khozinatul Ulum Kaliwangan kembali.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan