fbpx

BANTUAN BENIH JAGUNG DISALURKAN KE WARGA JATISARI

Blora, BLORANEWS – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) Jatisari, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora salurkan benih jagung kepada warga sekitar.

Bukanya tanpa alasan, hal ini mengingat mayoritas masyarakat di desa tersebut merupakan petani dan merupakan penghasil jagung cukup tinggi di Kabupaten Blora, Rabu (08/07).

Kepala Desa Jatisari, Jamin dalam sambutannya mengatakan, di tahun 2024 Desa Jatisari memprioritaskan program ketahanan pangan berupa pembagian benih jagung kepada masyarakatnya.

“Pembagian benih jagung Pioneer P27 Gajah Lumigen ini merupakan program ketahanan pangan (Ketapang) yang dialokasikan dari anggaran dana desa 2024 yang nantinya akan diserahkan kepada 461 kepala keluarga,” ucapanya.

Dirinya menambahkan, setiap kepala keluarga (KK) menerima satu buah (1 kg) benih secara gratis yang nantinya akan ditanam petani pada saat musim tanam mendatang

“Ini sekaligus bukti nyata kehadiran Pemdes Jatisari dalam meningkatkan produksi tanaman jagung bagi petani,” tambahnya.

Tak hanya di situ, untuk menunjang dan memudahkan akses jalan pertanian, program ketahanan pangan seperti Jalan Usaha Tani (JUT) juga akan dilaksanakan di tahun ini.

“Selain jagung, kami juga menganggarkan untuk JUT, ini untuk mempermudah petani menuju area lahan pertanian sekaligus mempermudah petani saat mengangkut hasil pertaniannya,” beber Kades tiga periode ini.

Sementara itu, Purwanto salah satu warga saat menerima bantuan benih jagung mengaku sangat senang desanya menganggarkan program ketapang ini.

“Kami merasa senang dan terbantu sekali dengan adanya bantuan jagung ini. Apalagi kemarin petani di sini banyak yang terdampak gagal panen dikarenakan curah hujan yang rendah. Semoga bantuan ini memberikan manfaat terlebih bagi peningkatan ekonomi dan peningkatan produksi pertanian bagi para petani, khususnya yang ada di Desa Jatisari,” pungkasnya. (Jyk)