fbpx

BARONGAN BLORA AKAN TAMPIL PADA GELAR BUDAYA IKPM JATENG DI YOGYAKARTA

  • Bagikan
BARONGAN BLORA AKAN TAMPIL PADA GELAR BUDAYA IKPM JATENG DI YOGYAKARTA.
Barongan Blora akan tampil pada Gelar Budaya IKPM Jateng di Yogyakarta tanggal 20 April. 2017

Blora – IKPM (Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa) Jateng mengagendakan Gelar Budaya Jaawa Tengah di Yogyakarta. Dalam agenda tersebut, seluruh perwakilan kabupaten di Jawa Tengah akan menampilkan kesenian yang menjadi kebanggaannya masing-masing.

Barongan Blora, dipastikan akan tampil dalam agenda tersebut. Gelar Budaya IKPM Jawa Tengah akan berlangsung di halaman Museum Sebelas Maret, kawasan Malioboro, Yogyakarta pada 20 April depan. Kamaba (Keluarga Mahasiswa Blora) Yogyakarta menjadi inisiator tampilnya Barongan Blora di agenda regional dengan cita rasa internasional tersebut.

 

BARONGAN BLORA AKAN TAMPIL PADA GELAR BUDAYA IKPM JATENG DI YOGYAKARTA.
Barongan Blora akan tampil pada Gelar Budaya IKPM Jateng di Yogyakarta tanggal 20 April. 2017

 

“Kita (Kamaba-Yogyakarta : red) masuk dalam komunitas IKPM dan akan menampilkan Barongan Blora. Latihan gamelan dan tarian Barongan rutin diadakan bidang Minat, Bakat Seni dan Budaya Kamaba. Melalui agenda 20 April depan, kita akan mengenalkan kesenian khas Blora ini kepada para wisatawan domestik dan mancanegara, karena agenda ini walaupun lokal tapi akan menarik perhatian penggiat wisata tingkat internasional.” kata Muhammad Kholidi, ketua umum Kamaba Yogyakarta.

Penampilan Barongan pada Gelar Budaya IKPM Jawa Tengah ini akan menunjukkan kepiawaian para mahasiswa Blora dalam memainkan tarian Macan tersebut. Untuk perlengkapan berupa kostum Barongan dan perangkat gemalan, Kamaba difasilitasi oleh Dinporabudpar Blora.

“Untuk membiayai penampilan Barongan di Gelar Budaya IKPM Jawa Tengah, ya kita patungan, dari para sukarelawan dan pengurus Kamaba. Ke depan, kita akan mencoba melakukan kerja sama dengan dinas terkait untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan khas Blora. Niat kita tulus, agar jumlah wisatawan yang berkunjung ke Blora semakin meningkat.” pungkas Kholidi [.]

Reporter : Jacko Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!