BARONGAN, PECEL DAUN JATI DAN DUMBEG TAMPIL DI PERWIMANAS

Magelang – Penampilan kontingen Blora di Perwimanas (Perkemahan Wirakarya Pramuka Maarif Nasional) sangat mengesankan. Anak-anak Pramuka Maarif ini menampilkan Pentas Barongan pada karnaval kebudayaan, Selasa (19/09) malam. Pada festival kuliner nusantara siang ini (20/09), kontingen Blora kembali menarik perhatian dengan menampilkan Pecel Daun Jati dan Dumbeg.

 

Pentas Barongan Kontingen Blora di Perwimanas II Magelang memukau penonton, Selasa (19/09).

 

Sutarno, Ketua Kontingen Blora memaparkan sejumlah agenda yang diikuti kontingen Blora pada Perwimanas II di Lapangan Tembak Akmil Magelang.

“Tadi malam, kita menampilkan Barongan yang memukau penonton karena disajikan dengan atraktif. Salah satu penari barong sempat ditanya sama panitia, alhamdulillah dapat menjelaskan tentang Barongan Blora dengan lancar. Siang ini, di festival kuliner nusantara kita akan menampilkan Pecel Godhong Jati dan Dumbeg,” papar Sutarno.

Salah satu penari Barongan Blora, Sancoko berhasil menghibur penonton yang berasal dari berbagai provinsi di tanah air. Pelajar kelas XII SMA NU Kradenan ini bahkan memaparkan panjang lebar tentang Barongan Blora kepada salah satu panitia. Karena penampilannya yang atraktif, banyak penonton yang meminta foto bersama Barongan Blora.

Kontingen Blora di Perwimanas II juga berlatih menjadi jurnalis, Risnawati dan Siti Farika Ulfa mewawancarai ketua LP Maarif PBNU, Zainal Arifin Junaidi. Meski canggung, kedua pelajar MA Maarif NU Jati ini berhasil membuat ulasan hasil wawancara dengan pucuk pimpinan Ma’arif NU itu.

Di festival kuliner nusantara siang ini, tiga jenis masakan khas pedesaan ditampilkan kontingen Blora. Kontingen putri menyuguhkan kue Klepon, sedangkan kontingen putra menampilkan Pecel Daun Jati dan Kue Dumbeg.

Reporter : Abdul Ghofur / Perilis LP Maarif NU Kabupaten Blora.

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.