fbpx

BARONGAN SEKAR SABRANG RAMAIKAN FESTIVAL SENI BUDAYA KANEBA BALIKPAPAN

  • Bagikan
Barongan Sekar Sabrang Kopra Balikpapan
Barongan Sekar Sabrang Kopra Balikpapan

Balikpapan, Kalimantan Timur- Barongan Sekar Sabrang dibawah naungan Komunitas Perantau Blora (Kopra) Balikpapan ikut meramaikan Festival Seni dan Budaya Komunitas Anak Negeri Balikpapan (Kaneba), Minggu (08/03).

Penampilan kesenian khas Blora di kota tersebut, dinilai menjadi ajang promosi budaya Kota Sate di Pulau Borneo. Pasalnya, Kota Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang memiliki keragaman etnis dan budaya dari seluruh nusantara.

“Suatu kehormatan dapat mengenalkan budaya dan seni kepada generasi muda melalui penampilan seni Barongan. Kita juga jadi mengenal budaya dan kesenian dari daerah lain, sehingga menunjukkan keragaman budaya di Indonesia,” ujar Ketua Kopra Balikpapan, Muhammad Buchori.

Festival Seni dan Budaya Komunitas Anak Negeri Balikpapan (Kaneba) berlangsung sejak kemarin, Sabtu (07/03) hingga hari ini. Selain Barongan Sekar Sabrang, berbagai kesenian khas dari penjuru tanah air juga iku meramaikan festival ini.

Diantaranya, penyambutan tamu dengan Adat Tepung Tawar, penampilan Taichi dan Wushu, Tari Gantar dan Tari Enggang, Tari Mantok dan Jaranan, Tari Kreasi, Tarian Perahu Layar dan Suwe Ora Jamu, Tarian Dolalak dari Purworejo, dan banyak lainnya.

Tak hanya sebagai ajang penampilan kesenian khas Nusantara, agenda ini juga dirangkai dengan Pemeriksaan Kulit Wajah gratis, lomba mewarnai tingkat TK dan PAUD se- Balikpapan Timur, serta senam bersama dan jalan sehat. (kpr)

  • Bagikan