BARONGAN SEKAR SABRANG TAMPIL MEMUKAU DI BORNEO CULTURE WEEK #2

Balikpapan, Kalimantan Timur- Barongan Sekar Sabrang tampil menghentak dalam pekan seni dan budaya Borneo Culture Week #2, di Balikpapan Kalimantan Timur. Di kota multi etnis ini, Barongan Blora menampilkan aksi terbaiknya.

 

Aksi barongan Sekar Sabrang pimpinan Pandu Nusantara dalam puncak acara Borneo Culture Week 2 di Amphitheater Balikpapan Plaza, Kalimantan Timur

Aksi barongan Sekar Sabrang pimpinan Pandu Nusantara dalam puncak acara Borneo Culture Week 2 di Amphitheater Balikpapan Plaza, Kalimantan Timur

 

“Kita ingin mengenalkan kesenian asli Blora di pentas nasional, dengan tampil bersama dengan berbagai kesenian yang ada di sini,” ucap pemimpin grup barongan Sekar Sabrang yang menginduk di Paguyuban Komunitas Perantau Blora (Kopra) Balikpapan, Pandu Nusantara melalui pesan whatsapp, Minggu (18/08).

Puncak acara Borneo Culture Week berlangsung hari ini dan menampilkan berbagai atraksi seni dari berbagai etnis yang ada di kota Balikpapan. Meski demikian, menurut Pandu, barongan Sekar Sabrang berhasil menarik perhatian para penonton.

“Sejauh ini, kalau ngomong tentang kesenian Jawa Tengah, orang taunya hanya Kuda Lumping, atau Reog. Ternyata, belum banyak yang tau kalau di Jawa Tengah juga ada Barongan. Jadi penampilan Sekar Sabrang merupakan hal yang baru bagi mereka,” kata Pandu, yang juga asli kelahiran Desa Bangsri Kecamatan Jepon Kabupaten Blora ini.

Dalam puncak acara hari ini, Sekar Sabrang berbagi panggung dengan penampilan Tari Bali, Mojang Priangan (Jawa Barat), Reyog Gendang (Tulungagung), Tari Padupa (Wajo, Sulawesi Selatan), dan berbagai kesenian lainnya.

Usai pentas yang berlangsung di Amphitheater Balikpapan Plaza tersebut, para penari Barongan Sekar Sabrang sempat berswafoto dan berbincang dengan Walikota Balikpapan, Rizal Effendi serta jajaran Forum Komunikasi Paguyuban Balikpapan (FKPB).

Pada kesempatan yang sama, ketua FKPB Leo Sukoco menyebut Barongan Blora merupakan kesenian yang unik. Bahkan, dirinya pernah berkunjung ke Blora dan bertemu dengan pimpinan paguyuban barongan Risang Guntur Seto, Adi Wibowo.

“Borneo Culture Week merupakan kegiatan tahunan yang berlangsung setiap bulan Agustus. Kami respect dengan Barongan Blora, kita dari FKPB berencana berkunjung ke Blora bulan November nanti di acara festival Barongan Nusantara,” ucap Leo. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan