BATA KUNO BERUKIR DITEMUKAN DI SUMBERPITU CEPU

Cepu- Sebanyak 2 buah bata kuno berukir ditemukan di Desa Sumberpitu Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Benda tersebut ditemukan saat dilakukan penggalian untuk pembuatan gapura dan pagar di lokasi tersebut, Minggu (30/12).

 

Temuan bata kuno berukir di Desa Sumberpitu Kecamatan Cepu Kabupaten Blora

Temuan bata kuno berukir di Desa Sumberpitu Kecamatan Cepu Kabupaten Blora

 

Kepala Desa (Kades) Sumberpitu, Rusmanto mengungkapkan, lokasi penggalian tersebut oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Pundung Gong. Secara turun-temurun, masyarakat setempat meyakini, di lokasi ini tersimpan gamelan kuno.

“Selama ini, lokasi tersebut tidak pernah dirawat. Kita prihatin, dan kemudian ingin membangun pagar dan gapura. Saat pekerja sedang melakukan penggalian siang tadi, ditemukanlah dua buah bata berukuir yang berukuran 15 x 30 cm,” paparnya.

Saat ini, dua bata berukir tersebut tersimpan di rumah Kades setempat. Proses penggalian di lokasi pembangunan pagar dan gapura tersebut telah berjalan sekitar 2 minggu. Pihak desa sendiri belum dapat memperkirakan usia bata berukir tersebut.

Sementara, Kabid Kebudayaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Solichan Mochtar melalui Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Eka Wahyu Hidayat menyebutkan pihaknya akan menindaklanjuti temuan ini.

“Besok pagi akan kami tindaklanjuti, mas. Rencananya kita akan ke lokasi penemuan. Yang pertama akan kita lakukan nanti adalah melakukan pendataan dan melaporkan temuan ini ke otoritas yang lebih tinggi, yaitu BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya, red) Jawa Tengah,” terangnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan