fbpx

BATIK CIPRAT, PRODUK UMKM PENYANDANG DISABILITAS

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mampir ke Batik Ciprat Langitan 'Sambung Roso', Desa Simbatan, Kabupaten Magetan saat melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Sabtu (16/4).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Magetan- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mampir ke Batik Ciprat Langitan ‘Sambung Roso’, Desa Simbatan, Kabupaten Magetan saat melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Sabtu (16/4). 

Setibanya di lokasi, Ganjar langsung berkeliling melihat proses pembuatan batik yang merupakan karya para penyandang disabilitas itu. Beberapa kali ia ngobrol dengan para penyandang disabilitas dan para pengelola terkait proses pembatikan. Tercatat, ada sekitar 20 penyandang disabilitas yang berada di tempat tersebut.

BACA JUGA :  GUBERNUR JATENG ZIARAH KE MAKAM DUA PRESIDEN RI

“Saya senang karena banyak orang sekarang peduli pada saudara-saudara kita ini. Kalau mereka difasilitasi, punya keterampilan, maka mereka bisa mandiri. Kalau dulu mohon maaf mereka dipandang sebelah mata, sekarang jadi tulang punggung keluarga. Hebat lah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Batik Ciprat Langitan, Maryani mengatakan bahwa para penyandang disabilitas yang ada telah memiliki banyak teknik membatik. Mulai gepyok, ciprat, lurikan hingga jumputan.

BACA JUGA :  JATENG BERHASIL CIPTAKAN INVESTASI BEBAS PUNGLI

“Kita belajar dari Temanggung Jawa Tengah lho pak. Ini hasil didikan bapak juga kami bisa seperti ini,” terangnya.

Tak luput, Kunjungan Ganjar pun disambut antusias para penyandang disabilitas di sana. Salah satunya ialah Wulan (22) yang mengaku ngefans banget dengan orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

“Senang sekali, bahagia bisa bertemu pak Ganjar. Ternyata benar, pak Ganjar orangnya ramah, ganteng dan baik. Saya tadi bahkan minta pak Ganjar datang ke pernikahan saya sebentar lagi,” katanya. (Kin).

BACA JUGA :  MINYAK GORENG MASIH MAHAL, GANJAR: PROBLEMNYA ADA DI TENGKULAK