fbpx
Adv  

BATIK JIWIT SMPN 1 TUNJUNGAN PUKAU PENGUNJUNG DI GEBYAR HARDIKNAS BLORA

Batik Jiwit karya SMPN 1Tunjungan, Blora.

Blora, BLORANEWS – Batik Jiwit SMPN 1 Tunjungan yang dipamerkan di Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blora cukup memukau pengunjung.

Dalam event besar yang pertama kali digelar tersebut juga digelar Pameran gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa hingga pementasan kesenian meramaikan peringatan Hardiknas ini sendiri.

Kepala Sekolah SMPN 1 Tunjungan, Parjo mengatakan bahwa batik jiwit yang ditampilkan dalam pameran kali ini merupakan hasil kreasi K5 dari kelas 7 dan hasil ujian praktik kelas 9.

Aspek edukasinya antara lain membentuk kepribadian siswa agar kreatif, bergotong toyong, kreatif dan berintegritas.

“Dari kami beserta dewan guru, karyawan dan TU juga memutuskan batik jiwit menjadi salah satu seragam yang dikenakan hari Selasa” ucap Parjo, Kamis (25/5/2023).

“Ke depannya nanti pada tahun ajaran baru, siswa baru diajarkan memproduksinya kemudian hasilnya digunakan sebagai seragam batik mereka sendiri setiap hari Selasa,” imbuh Parjo.

Guru prakarya SMPN 1 Tunjungan, Sulistiyani menjelaskan bagaimana batik jiwit ini diproses.

“Dari sejak kain dicelup dengan waterglos, menjiwit kain dan mewarnai cuma butuh waktu sekitar dua jam,” jelas Sulistiyani.

Sulistiyani menerangkan, setelah dibiarkan semalam, kain yang sudah diwarnai dimasukkan kedalam air yang mendidih sekitar setengan jam, kemudian dibilas dengan air dingin.

Tahap berikutnya menjemur kain dengan syarat tidak boleh dipanaskan terlalu lama.

“Respon pengunjung pada kualitas batik produksi siswa kami bagus, dan cukup banyak peminat,” terang Sulistiyani.

“Tadi ibu Ani dari kecamatan Kunduran membeli 2, beberapa pengawas SMP dan kepala sekolah dan ada yang memesan 100 potong untuk dijadikan cinderamata, ” pungkas Sulistiyani.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman pun mengapresiasi atas terselenggaranya Gebyar Hardiknas yang mengangkat tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” itu.

“Apresiasi saya sampaikan kepada seluruh panitia dan para pelajar Blora yang telah mempersiapkan acara ini dan menghasilkan karya yang luar biasa baik dan inovatif ini, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gebyar Hardiknas tahun 2023,” ungkap Arief Rohman. (spt)